Pemberdayaan Integrated Farming Distrik VII Samosir

 

Rabu (14/04/21) diadakan pemberdayaan Integrated Farming oleh Distrik VII Samosir yang dipimpin oleh Praeses Distrik VII Samosir, Pdt. Rein Justin Gultom dan bekerja sama dengan Transformation Connection Indonesia (TCI). Turut hadir dalam pertemuan gelombang pertama ini Ketua TCI, Bapak Imam Santoso bersama koleganya. Acara ini dikoordinasi oleh Kepala Biro Pembinaan, Pdt. Dr. Enig S Aritonang dan diikuti oleh para calon pelayan serta pelayan penuh waktu yang melayani di Distrik VII Samosir secara semi virtual dan dimoderasi oleh Pdt. Samuel Sihombing (Kabid Diakonia).


Pembicara dari tim TCI, dr. Eddy Kristianto menjelaskan salah satu program yang dimiliki TCI yaitu Kelompok Tumbuh Bersama Usaha Kecil dan Menengah (KTB-UKM). Ini merupakan program pelatihan berupa teori dan praktek. Pada pelatihan, semua peserta akan dipersiapkan dengan ilmu-ilmu mendasar mengenai Integrated Farming yang telah dilakukan TCI selama ini dan juga pendampingan secara khusus oleh tim TCI. Beberapa produk TCI seperti sabun-sabun kecantikan, kopi, makanan sehat, berasal dari sumber daya alam setempat. Sumber daya alam tersebut diolah semaksimal mungkin untuk menjadi bahan yang dapat diperjual belikan untuk peningkatan kesejahteraan warga gereja.


Pada acara, Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar memberikan ucapan terima kasih kepada tim TCI yang terus melanjutkan kerja samanya dalam bidang Integrated Farming dengan HKBP yang dalam kegiatan ini dikhususkan kepada Distrik VII Samosir. Beliau berharap agar dengan kerja sama ini, maka semakin banyak jemaat-jemaat HKBP yang merasakan peran serta Gereja HKBP yang nyata bagi kehidupan mereka dalam meningkatkan kesejahteraan hidup. Kegiatan ini nantinya akan dilanjutkan kembali dalam gelombang kedua dan ketiga untuk mempersiapkan lebih banyak lagi pelayan HKBP menjadi pembina KTB-UKM agar dapat menyentuh lebih banyak lagi jemaat-jemaat HKBP kedepannya.