Pemberdayaan Majelis tentang Penatalayanan, Sekjend Paparkan Virtual Account dan Database HKBP

Penatalayanan yang baik menjadi tolok ukur yang utama dalam menentukan keberhasilan pelayanan di tengah gereja.

Beberapa indikator untuk mengukur penatalayanan yang baik adalah pengelolaan keuangan dan pengelolaan basis data (database). Atas dasar tersebut, HKBP Distrik XV Sumbagsel menyelenggarakan Pelatihan Penatalayanan Virtual Account dan Database HKBP kepada para majelis dan pelayan tahbisan secara daring melalui ruang virtual dan luring di Gedung Serba Guna I, HKBP Palembang.


Kegiatan pemberdayaan ini resmi dibuka oleh Praeses Distrik XV Sumbagsel, Pdt. Oloan Nainggolan dan dihadiri oleh Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan sebagai narasumber yang datang ke lokasi. Turut hadir melalui ruang virtual Pdt. Herman Nainggolan, dari Balitbang HKBP, untuk menjelaskan tentang Database HKBP.


Pelatihan ini diikuti oleh Pendeta Ressort, Pimpinan Jemaat, Sekretaris Jemaat, Bendahara Jemaat baik secara luring maupun daring. Peserta yang hadir secara daring sebanyak 10 resort yang berasal dari regional Bengkulu dan wilayah Bangka Belitung.


Pdt. Tinambunan mengajak seluruh majelis dan pelayan tahbisan untuk bersama mengelola keuangan dengan jujur dan transparan sesuai dengan Buku Ende 204 : 2 yang menjadi nyanyian persembahan di HKBP.


“Pimpinan HKBP periode saat ini sudah komit untuk ­zero corruption. Hal ini berarti pimpinan akan menjaga uang HKBP karena itu adalah uang milik Tuhan,” tegas Pdt. Tinambunan, dalam Pelatihan Penatalayan HKBP Distrik XV Sumbagsel, Jumat (16/4/2021).


Dalam kesempatan ini, Pdt. Tinambunan menunjukkan cara kerja aplikasi pemantauan rekening virtual account HKBP dan mendapat sambutan positif baik dari peserta yang hadir secara fisik maupun virtual.

Pustaka Digital