"Alai borngin i diida si Paulus di bagasan tondina ma Tuhan i na mandok tu ibana: Unang ma ho mabiar; hatahon ma, unang ma ho mauhom!

Pada suatu malam berfirmanlah Tuhan kepada Paulus di dalam suatu penglihatan: "Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam!"

Ulaon ni Apostel 18:9

Pemberdayaan Sintua Dan Guru Sekolah Minggu HKBP se-Ressort Hutatinggi

Sabtu, 10 April 2021, HKBP Ressort Hutatinggi, Distrik XVI Humbang Habinsaran, mengadakan pemberdayaan kepada seluruh Parhalado dan Guru Sekolah Minggu se-ressort. HKBP Ressort Hutatinggi dipimpin oleh Pdt. Parlan Marpaung dan terdiri dari 9 jemaat: HKBP Hutatinggi, HKBP Gonting, HKBP Simpang Tolu, HKBP Hauganjang, HKBPAek Raja, HKBP Lobusunut, HKBP Purbatua, HKBP Sandaran, dan HKBP Simargalung. Jumlah sintua dari kesembilan jemaat ini terdiri dari 76 orang. Namun, karena satu dan lain hal, jumlah sintua yang hadir dalam kegiatan pemberdayaan ini adalah 35 orang. Sedangkan Guru Sekolah Minggu yang dapat hadir adalah 9 orang.

 

Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, memberi ceramah kepada para sintua dengan tema “tugas panggilan penatua (sintua) HKBP: Marhobas sian nasa roha.” Sedangkan Kepala Biro SMIRNA, Pdt. Toho Sinaga, S.Th., M.I.Kom., memberi sesi dengan tema, “mempersiapkan khotbah praktis di HKBP .”

 


Pemberdayaan sintua dan Guru Sekolah Minggu ini dilaksanakan simultan di dua ruang yang berbeda. Pada sesi pemberdayaan Guru Sekolah Minggu, Praeses HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran, Pdt. Darna Lumbantobing, memberi ceramah dengan tema, “Metode Mengajar Sekolah Minggu”. Sedangkan tim dari Biro SMIRNA, Pdt. Kadir Manullang, S.Th., Pdt. Togu Nababan, S.Th., Cal. Pdt. Monang Sagala, S.Th., memberi pelatihan dengan topik “Psikologi praktis mengajar Sekolah Minggu” dan “Bagaimana mengajar Sekolah Minggu dalam nyanyian dan gerak”. Para Guru Sekolah Minggu peserta pelatihan dan pemberdayaan sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut.




Sesi pemberdayaan bagi para sintua berakhir pada pukul 16.00 WIB sementara pelatihan bagi bagi para Guru Sekolah Minggu selesai pada pukul 17.00 WIB.

(KDK-NXC-MS-TN).