"Minggu IX Dung Trinitatis
Topik: POLIN MANGIHUTHON JESUS (MENGIKUT YESUS SECARA TOTAL)"

Ev: Lukas 12:49-53/Ep: Psalmen 82:1-8

PEMBINAAN GURU-GURU SEKOLAH MINGGU DI HKBP DISTRIK XX KEPULAUAN RIAU, REGIONAL II

Jumat, 27 Mei 2022, HKBP Distrik XX Kepulauan Riau, Regional II (Pulau Bintan sekitarnya) melaksanakan pembinaan kepada Guru-guru Sekolah Minggu. Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, dan Praeses HKBP Distrik XX Kepulauan Riau, Pdt. Renova J. Sitorus, S.Th., menjadi penceramah. Kegiatan ini berlangsung di gedung serbaguna HKBP Nomensen Kota Piring. Jumlah peserta yang hadir 78 orang dari 8 jemaat yang berasal dari tiga resort di regional II. Resort Tanjung Pinang, Resort Nomensen Kota Piring, Resort Tanjung Uban. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 15.00 – 20.00 WIB.

Pdt. Deonal Sinaga menyampaikan ceramah dengan judul Peranan Guru Sekolah Minggu sebagai Benteng Pengajaran dan Pembentukan Karakter Anak Sekolah Minggu. Peserta yang 98% didominasi kaum perempuan ini sangat antusias berdiskusi dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada penceramah. Melalui ceramah tersebut Pdt. Deonal Sinaga memotivasi para guru sekolah minggu agar benar-benar memperhatikan pola pengajaran mereka terhadap sekolah minggu demi menciptakan karakter anak-anak yang takut akan Tuhan. Secara khusus Pdt. Sinaga memaparkan dan menyegarkan kembali tugas-tugas dan tanggung jawab guru sekolah minggu sebagaimana tertulis dalam Aturan Peraturan HKBP.

Sementara itu Pdt. Renova Sitorus menyampaikan materi dengan topik Anak Sekolah Minggu dalam Tinjauan Pastoral Praktis. Dalam pemaparannya, praeses Renova lebih menekankan hal-hal praktis guru dalam mengajar anak sekolah minggu. Para peserta dengan serius tapi santai mendengar ceramah tersebut karena Pdt Renova menyampaikannya dengan menyelipkan humor.




Selama kegiatan ini berlangsung, para pelayan fulltime di 8 huria tetap kompak bersama-sama mendampingi para guru sekolah minggu tersebut. Kegiatan ditutup dengan makan malam bersama dengan penuh sukacita. DK-NXC


Pustaka Digital