"Alai borngin i diida si Paulus di bagasan tondina ma Tuhan i na mandok tu ibana: Unang ma ho mabiar; hatahon ma, unang ma ho mauhom!

Pada suatu malam berfirmanlah Tuhan kepada Paulus di dalam suatu penglihatan: "Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam!"

Ulaon ni Apostel 18:9

Pembinaan Parhalado Partohonan & Keluarga HKBP Resort Karya Pembangunan

Kamis, 11 Maret 2021, bertempat di aula Joy to Stay (JTS) Hotel Parbaba-Samosir, HKBP Ressort Karya Pembangunan (Medan) mengadakan pembinaan bagi parhalado dan keluarga. Tema pembinaan ini adalah “Kepemimpinan Hamba: Parhalado yang Melayani dari Hati (Marhobas Sian Nasa Roha)”. Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga didaulat untuk menyampaikan ceramah tentang tema tersebut.

 

Rombongan parhalado HKBP Karya Pembangunan dipimpin oleh pendeta ressort, Pdt. Indra A. Hutauruk, S.Th. Sedangkan para parhalado yang menjadi peserta adalah St. E. br. Sinaga, St. A. Togatorop, St. H. Aritonang, St. E. br. Aritonang, Cal. Pdt. Dharni Wahyuni Simangunsong, St. G. M. br. Hutauruk, St. H. R. Hutabarat, Diak. Dioran Mitra Cristi Tampubolon, Cal. St. L. br. Tambunan, St. M. br Hutahaean, Cal. St. M. Hutahaean, Cal. St. R. br. Sitompul, St. T. br. Silalahi, mahasiswa teologi, Jeremy Douglas Sidauruk, Cal. St. S.T.M. Turnip, Cal. St. R. br. Panjaitan, St. D. br. Berutu, St. R. br. Hutagalung, bersama keluarga masing-masing.



 

Pdt. Deonal Sinaga, memulai ceramahnya dengan mengatakan bahwa setiap orang adalah pemimpin. Maka semua parhalado yang hadir di tempat ini adalah para pemimpin. Ceramah ini kemudian dilanjutkan dengan menyebutkan beberapa sitat (quote) yang diungkapkan para tokoh-tokoh inspirasional. Tindakan membaca atau mendengar kalimat-kalimat motivasi seperti itu perlu selalu digaungkan untuk menyemangati para pemimpin. Selanjutnya dalam pemaparan materi ceramah ini, Pdt. Deonal Sinaga berinteraksi dengan interaktif, sesekali peserta diminta memberi pendapat atau menceritakan pengalamannya, lalu ceramah dilanjutkan, kemudian peserta mengajukan pertanyaan dan Pdt. Deonal Sinaga memberi tanggapan.

 

Sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi peserta pembinaan ini, Pdt. Deonal Sinaga membagikan buku karya tulisnya yang berjudul, “Perjumpaan Kreatif” dan buku “Marhobas Sian Nasa Roha” kepada masing-masing peserta. Ceramah ini berlangsung selama 2 jam 30 menit, diakhiri dengan doa oleh Pdt. Deonal Sinaga, lalu ditutup dengan sesi foto bersama. (KDK-NXC)