"Alai borngin i diida si Paulus di bagasan tondina ma Tuhan i na mandok tu ibana: Unang ma ho mabiar; hatahon ma, unang ma ho mauhom!

Pada suatu malam berfirmanlah Tuhan kepada Paulus di dalam suatu penglihatan: "Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam!"

Ulaon ni Apostel 18:9

Penatua & Pardihuta HKBP se-Resort Dame Cengkering Ikuti Pembekalan

Dalam rangka mengimplementasikan orientasi Program Pelayanan HKBP Tahun Pemberdayaan, HKBP Resort Dame Cengkering Distrik XIV Tebing Tinggi Deli laksanakan pembinaan kepada 50 Pelayan dan Pardihuta HKBP se-Resort Dame Cengkering di Gereja HKBP Dame, pada hari Jumat (19/11/2021).

Hadir sebagai pembicara, Pdt. Bonar Lumbantobing memaparkan materi dengan topik "Refleksi Teologis Perjumpaan Maria Ibu Yesus pada Tahbisan Sintua". Pdt. Bonar menyampaikan materi tentang panggilan pelayan terkait pemberitaan Injil, dari nats Alkitab Joh. 20:11–18, mengenai perjumpaan Maria dengan Yesus yang telah bangkit. Motivasi memberitakan Injil hendaknya jangan karena didorong keinginan hati, lebih dari itu, karena cinta kepada Yesus.



Kepada Pardihuta pelayan Sintua, Ibu Erlina Chirstina Pardede dalam sesinya menekankan bagaimana peran aktif keluarga pelayan Sintua dalam mendampingi dan mendukung pelayanan, termasuk mengingatkan warga gereja supaya rajin beribadah. Mengajak warga aktif berpartisipasi tidak cukup hanya dengan teori, tetapi juga dengan tenaga dan materi. Beliau menggambarkan bahwa pelayan sama halnya seperti ikan di dalam aquarium yang transparan, karena kehidupan keluarga pelayan dapat dengan jelas dilihat oleh jemaat. Pdt. Sikpan Sihombing, Praeses HKBP Distrik XIV Tebing Tinggi Deli turut memberi materi dengan topik "Memberdayakan Majelis Sintua pada Tahbisannya" (Tahun Pemberdayaan 2021).



Pdt. Ramli Nababan, Pimpinan Resort HKBP Dame Cengkering menyampaikan, bahwa kegiatan Pembekalan Penatua dan Pardihuta HKBP se-Resort Dame Cengkering adalah Program Huria seturut orientasi Program Pelayanan HKBP Tahun 2021 Tahun Pemberdayaan. Penatua sebagai pelayan yang berhadapan langsung dengan warga jemaat perlu diupgrade, untuk memperkaya kemampuan melayani warga jemaat.

“Di masa pandemi Covid-19 yang terus mengancam dunia, hamba Tuhan dipakai memberitakan kabar baik seturut perubahan zaman yang sangat cepat. Karenanya, tahun 2021 dinyatakan sebagai Tahun Pemberdayaan yang menjadi orientasi pelayanan HKBP. Melalui pembinaan ini diharapkan agar setiap pelayanan di jemaat dan sektor dapat mencapai semangat yang maksimal dan optimal tanpa pamrih dari pelayan", pesan Pdt. Ramli Nababan, Senin (22/11/2021).





(P. Sam – B’TIK)