Perayaan Minggu Ekologi, HKBP Memperingati Masa Penciptaan Allah

Minggu tanggal 24 September 2023 dinamai sebagai Minggu Masa Penciptaan (Season of Creation) dan Ekologi HKBP. Secara serentak, seluruh jemaat HKBP melalui ibadahnya melakukan perayaan masa penciptaan Allah terhadap alam semesta dan segala isinya.

Minggu masa penciptaan merupakan gerakan dan ajakan HKBP kepada semua umat manusia untuk  terlibat memelihara, merawat dan melestarikan lingkungan hidup. Sebagaimana diketahui, sejak revolusi Industri hingga sekarang terjadi pengrusakan alam secara besar-besaran yang mengakibatkan pemanasan global dan berbagai bencana,  seperti banjir.

Pelestarian alam dan lingkungan merupakan tanggung jawab semua orang. HKBP menyatakan itu dalam konfesinya pada tahun 1996, Pasal V tentang Masyarakat dan Lingkungan. Harapan HKBP melalui konfesi dan Minggu Masa Penciptaan dan Ekologi supaya semua warga HKBP berpartisipasi dan terlibat langsung melaksanakan pelestarian alam dan lingkungan.

Perayaan Masa Penciptaan dan Ekologi HKBP diselenggarakan dan dipusatkan di HKBP Lobu Tangga Resort Muara, Distrik XVI Humbang Habinsaran (24/9/2023). Kegiatan perayaan dirangkai dengan Kebersihan Gereja yang dimulai melalui penanaman pohon surem di lokasi gereja,  ibadah, pemberian hadiah pada pemenang lomba bersih dan makan bersama.

Khotbah yang disampaikan Kepala Departemen Marturia,  Pdt. Daniel Taruli Asi Harahap, M.Th menekankan alam semesta dan lingkungan perlu dikelola, dipelihara, dirawat dan dilestarikan dengan benar. Kebersihan harus menjadi nilai bagi semua warga HKBP dan itu yang membuktikan HKBP mengalami transformasi.

Lomba kebersihan gereja HKBP Se-Tapanuli Raya diadakan sejak Agustus 2022 yang diikuti oleh 183 gereja. Penilaian panitia dilakukan selama setahun yang tujuannya adalah agar kebersihan menjadi kebiasaan dan karakter semua gereja HKBP.  Pemenang lomba yaitu Teladan II yaitu HKBP Sipirok; Teladan III, HKBP Pandan dan HKBP Sibolga Julu; Teladan IV yaitu HKBP Hutaraja Dairi, HKBP Tiga Baru Dairi, HKBP Lumban Julu, HKBP Lumban Julu-Humbang Habinsaran, HKBP Tampubolon dan HKBP Hatoguan-Samosir.

Ibadah perayaan diikuti jemaat HKBP Lobu Tangga, utusan dari pemenang Lomba dan panitia Kebersihan Gereja, Praeses HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran dan Distrik IX Sibolga Tapteng Nias serta pelayan di seputaran wilayah Muara (B.TIK)

Pustaka Digital