"Dungi ninna Jahowa ma: “Ingkon bohingKu donganmu mardalan, asa Hutogihon ho tu hasonangan.”

Lalu Ia berfirman: “Aku sendiri hendak membimbing engkau dan memberikan ketenteraman kepadamu.”"

Musa 33 : 14

Perayaan Tahun Kesehatian & Ulang Tahun ke-68 HKBP Distrik XI Toba Hasundutan

HKBP Distrik XI Toba Hasundutan selenggarakan Perayaan Tahun Kesehatian dan dipadu dengan perayaan Ulang Tahun Ke-68. Perayaan dimulai dengan peresmian Klinik Kesehatan yang berlokasi di Kantor Distrik, dilanjutkan dengan prosesi pelayan. Prosesi diiringi dengan tortor dan atraksi budaya yaitu motcak (silat) batak yang dibawakan oleh muda mudi HKBP Distrik XI Toba Hasundutan. 


Ibadah dilayankan oleh liturgis, Praeses HKBP Distrik XI Toba Hasundutan, Pdt. Same Siahaan, S. Th, dan pengkhotbah, Kepala Departemen Marturia, Pdt. Daniel Taruli Asi Harahap, M. Th.


Pdt. Daniel menyuarakan dalam khotbahnya, muba manang mago (berubah atau mati). Jika berubah akan terberkati. Namun jika tidak berubah akan mati.


Penyelenggaraan kegiatan dilaksanakan pada Minggu (13/11/2022) di Gereja HKBP Balige. Ribuan jemaat dari 23 jemaat (huria) yang dikoordinasi 10 resort hadir dalam perayaan tersebut.




Ketua Panitia, Toni Simanjuntak, SE yang juga Wakil Bupati Toba mengapresiasi Kesehatian warga jemaat HKBP se-Distrik Toba Hasundutan dan berterima kasih atas sumbangan dan donasi berbagai pihak. Sekretaris Panitia, St. Mangapul Silalahi, M. Si melaporkan bahwa berbagai kegiatan yang dilakukan sejak terbentuknya panitia pada tanggal 18 Januari 2022, antara lain Pemberdayaan Guru-guru Sekolah Minggu, Pelatihan Pembuatan Kompos, Pembentukan Persekutuan Ama Distrik (PAD) dan peresmian Klinik Kesehatan Distrik.

St. O. Pardede mewakili jemaat menceritakan ada dua gereja pertama yang berdiri tahun 1883 Distrik Toba Hasundutan yakni HKBP Balige dan HKBP Peatalun. Kedua gereja itu berdiri atas pelayan missionaris Pilgram.

Turut memberi kata sambutan, Kapolres Toba, Taufik Hidayat dan Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus. 

Bimbingan arahan Kepala Departemen Marturia menekankan bahwa Gereja-gereja HKBP di Distrik XI Toba Hasundutan harus menjadi gereja terbaik, dan jadikan kota dan kampung di mana kita berada sebagai yang terbaik.


Kesehatian pelayan dan warga jemaat Distrik Toba Hasundutan sangat luar biasa, terlihat dari kekompakan yang saling bergotong royong, bergandengan tangan, dan saling menopang demi kesuksesan dan kelancaran perayaan Tahun Kesehatian dan Ulang Tahun Ke-68 HKBP Distrik XI Toba Hasundutan. (B-TIK)

Pustaka Digital