"Nunga mangungkor ahu sahat tu bona ni angka dolok, ransangransang ni tano on pe nunga tarsordak humaliang ahu ro di salelenglelengna. Alai dipanangkok Ho ngolungku sian godung ale Jahowa Debatangku.

Di dasar gunung-gunung, Aku tenggelam ke dasar bumi; pintunya terpalang di belakangku untuk selama-lamanya. Ketika itulah Engkau naikkan nyawaku dari dalam liang kubur, ya TUHAN, Allahku."

Jona 2:7

Peresmian HKBP Ressort Jeruju Pontianak Dan Pelantikan Pendeta Ressort

Minggu, 22/8/2021, pukul 09.00 Wib diresmikan Persiapan HKBP Ressort Jeruju Pontianak menjadi HKBP Ressort Jeruju Pontianak. Peresmian ini di layani oleh Praeses HKBP Distrik XXVIII Deboskab, Pdt. Nekson M Simanjuntak MTh. 


Barisan prosesi berangkat dari Kantor Ressort. Namun sebelum tiba di ruang gereja tempat peribadahan menuju gereja, dilakukan pengalungan stola dan pembukaan selubung sebagai pertanda HKBP Ressort Jeruju Pontianak telah diresmikan serta penandatangan prasasti oleh Ketua Panitia, Mocthar Doloksaribu, Pdt Bonar Tunggul STh, Pendeta Ressort dan Praeses.

Ibadah dimulai dengan liturgis dilayankan oleh Pdt. Adolf Tasman Nababan, S.Th, anggota Majelis Pekerja Sinode Distrik (MPSD) dan khotbah dilayankan Praeses. Beliau menekankan dalam khotbahnya, ada 4 hal yang harus dihidupi agar berbahagia. Pertama: takut akan Tuhan. Kedua: jaga mulut, ucapan dan memberi hati. Ketiga: jauhilah yang jahat dan lakukan kehendak Allah. Dan terakhir: tetap menjadi pelaku kebenaran.


Ibadah peresmian diikuti 190 orang terdiri perwakilan setiap keluarga, undangan, majelis HKBP Jeruju, HKBP Sikhem, dan para Pendeta serta keluarganya. 

Di dalam ibadah Minggu juga dilakukan pelantikan Pendeta HKBP Resort Jeruju yakni, Pdt. Bonar Tunggul Pasaribu, S.Th dan pelantikan Parhalado Ressort oleh Pendeta Resort. 



Parhalado Resort ada 6 orang, yaitu St. T. br. Lumbantobing, Sekretaris Bendahara, St. J. Marpaung, Utusan Sinode Distrik, St. M. Pasaribu, St. J. Hutajulu, dan St. M. Manalu. 


Semua anggota jemaat dan para undangan yang hadir bersukacita atas resminya HKBP Resort Jeruju Pontianak. Dalam pemberian kata-kata sambutan oleh para utusan menyebutkan rasa terima kasih dan rasa syukur dengan terwujudnya Resort Baru di Pontianak.

Usai ibadah dilanjutkan dengan beberapa kegiatan foto bersama Majelis, ramah tamah, penggalangan dana dan pemberian ulos. Dana yang terkumpul pada kegiatan tersebut sekitar Rp. 160.000.000. 

HKBP Resort Jeruju Pontianak terdiri dari HKBP Jeruju yang berdiri pada tahun 1983, jemaatnya berjumlah 225 Kepala Keluarga dan HKBP Sikhem yang berjumlah 56 Kepala Keluarga. Resort ini telah direncanakan sejak tahun 2014. Waktu yang dialami kedua gereja ini untuk mewujudkan cukup lama dan panjang. Tapi hari ini, kerinduan semua jemaat telah terwujud oleh kuasa dan cinta kasih Tuhan bagi gerejaNya, tegas pendeta Resort. (Botulpas)