"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

Perkampungan Pemuda Jetun Terima Bantuan Dari HKBP Jatiwaringin, LWF dan Pengmas HKBP

Silangit, Rabu (11/8/2021) diadakan serah terima bantuan dari HKBP Jatiwaringin yang dipimpin oleh Pdt. Eldarton Simbolon kepada Perkampungan Pemuda HKBP Jetun. Serah terima bantuan dihadiri oleh Ompui Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar, Sekretaris Jenderal, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST, dan Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th, serta Biro Pembinaan. Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa Praeses HKBP, diantaranya: Pdt. Daminna Lumbansiantar, Pdt. Hasudungan Manalu, Pdt. Same Siahaan, dan Pdt. Sampur Manullang. Kegiatan ini diawali dengan makan siang bersama para pimpinan, anggota, beserta para muda mudi yang sedang berkegiatan pemberdayaan.


Pdt. Eldarton Simbolon mewakili jemaat HKBP Jatiwaringin menyampaikan bantuan dana untuk renovasi 2 unit rumah staff dan pembangunan 1 unit rumah baru, 2 unit traktor dan bantuan Solidaritas Pendeta senilai Rp 10.000.000. Total bantuan yang disampaikan dari HKBP Jatiwaringin adalah Rp 276.500.000.


Bantuan disampaikan oleh Pdt. Eldarton Simbolon kepada Ompui Ephorus, bersama dengan St. Sagala sebagai perwakilan dari HKBP Jatiwaringin.


Bantuan kepada Perkampungan Pemuda HKBP Jetun juga diterima melalui Kadep Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga yakni 20.000 ekor bibit ikan. Bantuan tersebut datang dari LWF (Lutheran Church Federation). Pdt. Debora Purada Sinaga sangat bersyukur karena banyak pihak yang memberikan kepedulian terhadap Perkampungan Pemuda Jetun. Biro Pengmas HKBP juga turut berpartisipasi melalui sumbangan 4 ekor lembu, yakni 3 lembu betina dan 1 lembu jantan.


Dalam serah terima, Pimpinan HKBP menyampaikan ucapan terima kasih. Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor juga berterima kasih kepada HKBP Jatiwaringin dan pemberian melalui Departemen Diakonia. Pdt. Victor juga mengatakan bahwa setiap hal yang telah diterima akan dipelihara dengan kejujuran dan transparan dalam rasa takut akan Tuhan agar dapat dipergunakan dengan baik.


Ephorus sangat bersukacita dikarenakan adanya momen yang dapat digunakan untuk menaikkan imun seperti kegiatan sukacita ini. Penambahan staff dalam pelayanan jetun adalah baik, untuk mengerjakan berbagai hal penting dan pelatihan. Ephorus merasa bersyukur karena adanya beberapa bentuk kepedulian yang diterima untuk Jetun, berdasarkan pemberitahuan saat Rapat Pendeta Distrik. Ungkapan terimakasih juga disampaikan atas perhatian HKBP Jatiwaringin yang dipimpin Pdt. Eldarton Simbolon. Ephorus bersyukur atas ekonomi kreatif berbasis daur ulang yang telah berjalan di Jetun. Kondisi perubahan yang masiv dan holistik di Jetun, diharapkan dapat semakin meningkatkan semangat dalam memajukan kesejahteraan bersama dan kepedulian terhadap alam.

Ephorus juga mengatakan bahwa bantuan dari HKBP Jatiwaringin sangat tepat waktu, mengingat pada awal bulan September akan dilakukan penanaman kentang. Kementerian Pariwisata dan ekonomi kreatif telah bekerjasama dalam membeli ukiran hasil karya muda mudi, guna meningkatkan ekonomi kehidupan sehari-hari. Ephorus mengharapkan Jetun dapat semakin berkembang agar dapat menjadi salah satu pusat pengadaan ibadah gabungan dan sebagainya. Di Jetun, akan dibuat Kapelle untuk tempat meditasi. Kapelle akan direnovasi agar dapat digunakan dengan nyaman. Berbagai harapan lainnya, Jetun dapat menjadi sarana pertandingan olahraga renang tingkat nasional (PON) melalui upaya komunikasi dengan Kementerian Pariwisata yang dilakukan oleh HKBP. Berbagai visi lainnya diharapkan dapat terlaksana secara bertahap dan baik. 

Sekretaris Jenderal mengungkapkan ucapan terimakasih kepada para pihak yang telah mendukung tumbuh kembangnya HKBP dalam berupaya menjadi terang di tengah-tengah dunia. Sekretaris Jenderal juga mengharapkan agar semangat kita dalam memberdayakan pelayanan HKBP dapat semakin meningkat. Beliau menyampaikan bahwa stigma negatif Jetun, telah berubah menjadi positif atas usaha yang telah dilakukan beberapa bulan terakhir ini. "Semoga Jetun bisa menjadi garam dan terang dunia melalui berkat yang telah diterima dari berbagai kalangan. Berkat dari Tuhan yang telah disampaikan melalui HKBP Jatiwaringin, semoga benar dipakai dengan baik dan transparan" ungkapnya.


Dalam momen ini, St. Silalahi sebagai perwakilan jemaat turut memberikan ikan secara khusus, kepada Ompui Ephorus, Sekretaris Jenderal, Kepala Departemen Diakonia, kepada HKBP Jatiwaringin dan kepada para perwakilan Praeses.



Dalam rangka pemberdayaan, Ompui Ephorus, Sekretaris Jenderal, dan Kepada Departemen melakukan penaburan bibit ikan ke kolam.


Penaburan ikan juga dilakukan oleh perwakilan Praeses, HKBP Jatiwaringin, tuan rumah Perkampungan Pemuda Jetun Silangit, dan perwakilan muda mudi HKBP. Harapan seluruh pihak, agar dengan adanya pemberdayaan di Jetun bisa menjadi gambaran kesejahteraan lingkungan hidup dan ekonomi kreatif. (B.TIK)

Pustaka Digital