Pesta Parheheon Ina HKBP Dolok Marlawan

DOLOK MARLAWAN, hkbp.or.id - Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan menyampaikan khotbah pada kebaktian Minggu Misericordias Domini di HKBP Dolok Marlawan Distrik V Sumatera Timur (23/4/2023).


Kebaktian Minggu dipadukan dengan Pesta Parheheon Ina HKBP Dolok Marlawan. Hadir juga Bupati Simalungun, Bapak St. Radiapoh Sinaga dan Ketua DPRD Simalungun, Bapak Timbul Jaya Sibarani untuk beribadah bersama warga jemaat HKBP Dolok Marlawan.


Ibadah dilayani oleh Pdt. Frans Jogi Sidabutar selaku Pendeta Resort sebagai Liturgis dan Pdt. Victor Tinambunan, Sekjend HKBP sebagai pengkhotbah.

Khotbah yang disampaikan Pdt. Tinambunan berdasar kepada Surat 1 Petrus 1: 17-23.

Dalam khotbahnya Pdt. Tinambunan menyampaikan bahwa makna Paskah adalah sukacita karena karya keselamatan yang dilakukan Allah melalui Tuhan Yesus Kristus kepada umat manusia.


Melanjutkan penjelasan khotbahnya, Pdt. Tinambunan menyebutkan ada dua hal yang menjadi penekanan khotbah saat ini yaitu;

Pertama, apa karya Allah bagi umat-Nya dahulu dan sekarang?

Karya Allah bagi umat dulu dan sekarang adalah karya keselamatan di dalam Tuhan Yesus Kristus (ay. 18-19). Bukan karena emas atau perak, artinya tidak dapat dibeli dan diusahakan oleh manusia melainkan hanya oleh karunia Allah.

Karya keselamatan itu menghasilkan Iman (ay. 20-21). Iman juga bukan karna perbuatan atau usaha manusia melainkan hanya dari Allah sendiri, bukan datang dari usaha manusia.

Penekanan Kedua, apa yang kita lakukan sebagai respons atas karya Allah?


Sucikan hatimu (rohamuna) oleh ketaatan kepada kebenaran (ay. 22).

Kesucian hati menjadi awal kesucian yang terpancar melalui perkataan dan perbuatan sehari-hari.

Terkait Parheheon Ina, Pdt. Tinambunan menjelaskan bahwa Kaum Perempuan di gereja adalah motor penggerak keaktifan pelayanan warga jemaat.


Alkitab mencatat bahwa kaum perempuan adalah saksi pertama kebangkitan Tuhan Yesus Kristus.



Ibadah dilanjutkan dengan pesta parheheon ina HKBP Dolok Marlawan.

(SKS-NS)


Pustaka Digital