"Jadi ro ma hata ni si Samuel tu sandok Israel songon on: Molo tung mulak hamu tu Jahowa sian nasa rohamuna, sai paholang hamu ma angka debata sileban sian tongatongamuna, ro di angka sombaon Astarot, jala marsihohot rohamuna tu Jahowa, jala sasada Ibana oloi hamu, asa dipalua hamu sian tangan ni halak Palistim.

Lalu berkatalah Samuel kepada seluruh kaum Israel demikian: "Jika kamu berbalik kepada TUHAN dengan segenap hati, maka jauhkanlah para allah asing dan para Asytoret dari tengah-tengahmu dan tujukan hatimu kepada TUHAN dan beribadahlah hanya kepada-Nya; maka Ia akan melepaskan kamu dari tangan orang Filistin.""

1 Samuel 7 : 3

Pimpinan HKBP Layani Perayaan Jubileum 50 Tahun Penginjilan di Pulau Rupat

Perayaan Jubileum 50 tahun Penginjilan HKBP di Pulau Rupat diselenggarakan di HKBP Hutan Ayu. Masyarakat Hutan Ayu dari Suku Akit adalah suku pertama yang menjadi Kristen di Rupat Utara. Dengan dasar inilah panitia memilih HKBP Hutan Ayu sebagai tempat perayaan diselenggarakan.

Ibadah perayaan Jubileum, Minggu (23/1/2022) dilayankan langsung oleh Pimpinan HKBP. Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar mewartakan Firman Tuhan, dan liturgis dilayani oleh Sekretaris Jenderal, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, dan Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th.


Ephorus menekankan dalam khotbahnya, "orang-orang Kristen Akit harus kita bangkitkan dan kita bebaskan dari kebodohan, sebagaimana misionaris memajukan Kristen Batak melalui pendidikan, kesehatan, dan pelatihan-pelatihan. Penginjilan akan terus dilakukan HKBP di Pulau Rupat. Kemarin, di sungai Perpat telah diresmikan Rumah Belajar dan pembangunan Mission Station di Sungai Carok," beritahu Ephorus.


Sebelum ibadah perayaan dimulai, seluruh Pimpinan dan rombongan melakukan barisan prosesi yang diiringi dengan tarian Barongsai, penandatanganan prasasti Jubileum oleh Ephorus, Pelepasan Burung Merpati, dan tarian tradisional masyarakat Suku Akit. Warga dan majelis di daerah Penginjilan HKBP di Pulau Rupat, lima praeses, para pendeta, para pelayan di daerah penginjilan HKBP yang lain, seperti Enggano, jemaat dari daerah Distrik Riau, Riau Pesisir, Ketua Konferensi Perempuan, salah satu panitia pembangunan Convention Hall Jetun Silangit, Manohom Aritonang, Wakil Ketua DPRD Bengkalis, dan undangan dari berbagai daerah dan instansi  menghadiri Perayaan Jubileum 50 Tahun Pekabaran Injil di Pulau Rupat. (B-TIK)








Pustaka Digital