"Nunga mangungkor ahu sahat tu bona ni angka dolok, ransangransang ni tano on pe nunga tarsordak humaliang ahu ro di salelenglelengna. Alai dipanangkok Ho ngolungku sian godung ale Jahowa Debatangku.

Di dasar gunung-gunung, Aku tenggelam ke dasar bumi; pintunya terpalang di belakangku untuk selama-lamanya. Ketika itulah Engkau naikkan nyawaku dari dalam liang kubur, ya TUHAN, Allahku."

Jona 2:7

Pisah Sambut Pimpinan Panti Karya Hephata HKBP


Minggu, 14 Maret 2021, Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th bersama Keluarga Besar Panti Karya Hephata menyambut pimpinan baru Panti Karya (PK) Hephata HKBP,  Pdt. Binsar  Mangampu Apriyanto Hasiholan Nababan, S.Si. yang telah di kader sejak tahun 2017 oleh Pdt.Osten Matondang, S.Th.

Dan  memberangkatkan Pdt. Osten Matondang, S.Th. yang telah berkarya 13 tahun memimpin PK Hephata HKBP dan kini menjadi Kepala Biro Diakoni Sosial  HKBP, dulu disebut Biro Caritas & Emergency HKBP.


Demikian juga memberangkatkan dua staff PK Hephata yang selama ini melayani di bagian Rehabilitasi Berbasis Masyarakat(RBM) Siborongborong, Pdt. Saut Nababan pindah tugas ke Radio Diakonia HKBP di Pematangsiantar.

Diak. Milana Damanik melayani sebelumnya sebagai kepala bidang pengasuhan dan seksi kerohanian di PK Hephata dan pindah tugas ke Departemen Diakonia HKBP membidangi pemasaran produk-produk dan produksi anggur Perjamuan Kudus HKBP.

Kata sambutan dari Ibu Departemen Diakonia menyampaikan bahwa Pdt. Osten Matondang dikenal sosok yang mengasihi semua anak-anak dan dampingan, pekerja keras, memiliki jejaring yang luas untuk menopang pelayanan. Dan sekaligus tegas dan keras kepada staff yang tidak melaksanakan tugasnya. Sebagai pesan kedepannya sangat penting pengkaderan untuk melanjutkan pelayanan-pelayanan di unit pelayanan Departemen Diakonia. 


Kegiatan pemberangkatan dan penyambutan pimpinan baru dilaksanakan di ibadah Minggu yang dilaksanakan di ruang ibadah PK Hepahata HKBP, Laguboti. Sebagai Liturgis dibawakan oleh Pdt. Eden Ramses Siahaan, S.Th, MM,  kepala Biro Ibadah dan Musik HKBP. Pembawa doa syafaat Diak. Berlina Sibagariang. Pembaca nyanyian dan pembacaan warta dibawakan oleh Calon Diakones Konia Rajagukguk dan pemain Keyboard dimainkan oleh Jhon Pandi Silaban.

Persembahan vocal solo dari Esy Silaban dengan menyanyikan lagu " Ku ingin selalu bersekutu denganMu" dan  R. Panjaitan dengan menyanyikan lagu "walau ku tak dapat melihat.”


Khotbah disampaikan oleh Pdt. Same Siahaan, S.Th,  Praeses Distrik XI Toba Hasundutan, nats khotbah tertulis dari  Efesus 2:1-10. Inti pesan yang disampaikan mengajak untuk selalu bersukacita karena berkat Tuhan lebih besar dari segalanya. Tuhan telah melepaskan manusia dari dosa melalui kematian Tuhan Yesus. Oleh karena itu, sekalipun dalam beban pergumulan hidup, hidup harus bersemangat. Pengkhotbah menyaksikan bahwa di PK Hephata ada sukacita dengan melihat bahwa wajah dampingan di Panti Karya Hephata terlihat senyum, tertawa bahagia.  Persekutuan PK Hephata menjadi khotbah yang hidup.

Turut hadir undangan dari HKBP AIDS Ministry, jemaat HKBP Langsa, Direktur Rumah Sakit HKBP Balige, dan direktur perekonomian kerakyatan.  Semua hadirin menampakan wajah dipenuhi sukacita, sama seperti nama Minggu hari ini, yaitu  “Letare,” artinya bersukacita.  (DAT)