"Dungi ninna Jahowa ma: “Ingkon bohingKu donganmu mardalan, asa Hutogihon ho tu hasonangan.”

Lalu Ia berfirman: “Aku sendiri hendak membimbing engkau dan memberikan ketenteraman kepadamu.”"

Musa 33 : 14

Proposal BLK Diterima, Departemen Genjot Pelatihan Pra Mandiri

P. Siantar, 29 Agustus 2022

Kehadiran BLK menjadi salah satu kerinduan HKBP untuk melatih warganya agar lebih mandiri di masa depan. Kerinduan HKBP itu pun akhirnya terwujud ketika Kementerian Ketenagakerjaan  RI menerima permohonan HKBP yang diajukan oleh Biro Diakoni Sosial yang dipimpin oleh Bpk. Pdt. Osten Matondang.

Permohonan pengajuan BLK ke Kementerian Tenaga Kerja ini diinisiasi oleh Kepala Departemen Diakonia HKBP, Ibu Pdt. Debora Sinaga, yang melihat sudah waktunya HKBP memiliki BLK agar pelatihan yang dilakukan HKBP lewat Biro Diakonia dapat lebih kuat dan terorganisir.


Dalam rangka itulah Ibu Kadep Diakonia melakukan monitoring kepada para peserta pelatihan di rumah pra mandiri. Pelatihan di rumah pra mandiri ini sesungguhnya bukanlah yang pertama sekali dilakukan Biro Diakoni Sosial.

Dalam monitoring itu, Ibu Kadep Diakonia diberitahukan para peserta kalau para peserta telah belajar menjahit rok dan sekarang sedang belajar membuat kemeja. Jika tahap ini selesai, mereka akan lanjut membuat kebaya. Selain itu para peserta juga memberitahukan kepada Ibu Kadep kalau mereka juga diajarkan membuat bakery.


Kesempatan itu dimanfaatkan Ibu Kadep untuk mendorong para peserta agar tidak hanya sekedar belajar kebaya tapi juga membuat jubah sintua atau pun jubah para pendeta, guru huria, bibelvrouw, dan diakones. Oleh karena itu, para peserta perlu menggenjot kemampuan mereka lewat kehadiran BLK yang sudah di depan mata.

HKBP menjadi berkat bagi dunia


Pustaka Digital