"Dungi ninna Jahowa ma: “Ingkon bohingKu donganmu mardalan, asa Hutogihon ho tu hasonangan.”

Lalu Ia berfirman: “Aku sendiri hendak membimbing engkau dan memberikan ketenteraman kepadamu.”"

Musa 33 : 14

Puncak Tahun Kesehatian HKBP Resort Nommensen Kota Piring

TANJUNG PINANG, hkbp.or.id - Pada Minggu XXIII setelah Trinitatis tahun 2022 saat ini (dirayakan juga Minggu Ujung Tahun Gerejawi), Jemaat HKBP secara umum merayakan pengenangan akan orang yang telah meninggal dengan cara membacakan nama-nama warga jemaat yang telah meninggal pada tahun periode tahun gerejawi (20/11/2022).

Periode tahun gerejawi dimulai dari hari Minggu Advent Pertama sampai hari Minggu terakhir sebelum Advent Pertama setiap tahun.


Pada hari Minggu saat ini (21/11/2022) Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan menyampaikan Khotbah di HKBP Resort Nommensen Kota Piring Distrik Kepulauan Riau. Gereja HKBP Resort Nommensen Kota Piring terletak di Kota Tanjung Pinang yang berjarak sekitar 1 jam penyeberangan dari Pulau Batam.


Khotbah yang disampaikan Pdt. Tinambunan berdasar kepada Surat 1 Korintus 15:50-58.

Mengawali khotbahnya, Pdt. Tinambunan bercerita tentang pengalaman pribadinya yang pernah beberapa kali mengalami situasi hampir mati akibat kecelakaan dan dampak Covid-19. "Kalau kita masih bisa beribadah sampai saat ini, bukan berarti kita lebih baik dari semua saudara-saudari kita yang sudah dibacakan namanya tadi. Nama kita semua pasti akan dibacakan namun saat ini Tuhan masih memiliki rencana bagi kita," terang Pdt. Tinambunan.


Selanjutnya Pdt. Tinambunan menyoroti dua ayat dalam teks yaitu syukur (ay. 57) dan berdiri teguh (ay. 58). Menurut Pdt. Tinambunan, rasa syukur berarti selalu ada sukacita di dalam kehidupan. "Dalam hidup pasti banyak tantangan dan hal-hal yang dapat membuat kita bersedih, namun itu tidak menghalangi karunia Tuhan yang membuat kita bersukacita dan bersyukur."



Mengakhiri khotbahnya, Pdt. Tinambunan menjelaskan bahwa Tahun Kesehatian yang diusung HKBP pada tahun 2022 mendorong seluruh warga jemaat untuk bersatu hati untuk menjadi berkat mulai dari dalam rumah tangga sampai ke seluruh dunia.

Ibadah dilayani oleh Pdt. Deser J. Nababan (Pendeta Resort), Praeses Distrik Kepulauan Riau Pdt. Renova J. Sitorus (sebagai Liturgis) dan juga dihadiri oleh Praeses Distrik Medan Utara, Pdt. Suwandi Sinambela.


Dalam kesempatan kehadiran Sekretaris Jenderal HKBP, Jemaat Nommensen Kota Piring meresmikan rumah dinas pelayan penuh waktu dan guesthouse bagi tamu Jemaat.

Setelah Ibadah, seluruh jemaat mengadakan acara tortor bersama untuk mensyukuri kunjungan Pimpinan HKBP dan rumah dinas yang baru diresmikan.

(SKS-NS)

Pustaka Digital