"Alai didok ma tu ibana: Dipalua haporseaonmi do ho, inang! Mardame ma ho laho! Sai malua ma ho sian parniaeanmi!

Maka kata-Nya kepada perempuan itu: "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!""

Markus 5 : 34

Rapat Evaluasi Pelayanan HKBP AIDS Ministry

Senin, (19/4/2021), Secara virtual mulai pukul 14:00 - 16:00 WIB, dilaksanakan diskusi sekaligus rapat evaluasi Pelayanan Distrik antara Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th, HKBP AIDS Ministry (HAM) Pusat bersama Praeses HKBP dan pengurus HAM Distrik.


Dalam kata pengantar yang disampaikan oleh Kepala Departemen Diakonia HKBP, ia mengungkapkan keprihatinan dampingan HAM Pusat terkait rumah tinggal dampingan ODHA yang sudah tua dan sewaktu-waktu akan dapat runtuh. Pdt. Debora juga mendorong setiap Distrik untuk membentuk pengurus HAM Distrik agar cepat dapat mensosialisasikan pencegahan dan pendampingan kepada yang terinfeksi HIV/AIDS. 


Selain itu, dala kata pengantarnya, Ketua Pengurus HAM Pusat, dr. Tihar Hasibuan menyampaikan pentingnya penangan cepat untuk pertolongan yang terinfeksi HIV/AIDS, "Jangan sampai kasusnya ditemukan di stadium tingkat tinggi."

Sebagai Sekretaris Eksekutif HAM Pusat,  Diak. Berlina Sibagariang menjelaskan bahwa sampai saat ini sudah 8 Distrik yang telah membentuk pengurusnya di mana Surat Keputusan Distrik-nya telah disampaikan kepada HAM Pusat. Di antaranya ialah Distrik VII Samosir, XXX Riau Pesisir, XV Sumatera Bagian Selatan, IX Sibolga, XIII Asahan Labuhanbatu, XXIV Tanah Jawa, IV Toba.


Hasil percakapan dalam rapat ini yang diharapkan untuk dicapai ke depannya ialah adanya kebijakan dari HKBP Pusat untuk pencegahan penularan HIV/AIDS lewat bagian muatan yang disampaikan di Pastoral Konseling Pranikah, bagian pendidikan bagi Parguru Malua, pendidikan bagi usia sebaya, kegiatan aksi donor darah, dan pelatihan secara serentak bagi pengurus HAM Distrik baik secara virtual maupun tatap muka. Salah satu Peserta, St. Armen Sihotang mengharapkan agar diberi ruang dalam pengurus HAM  di setiap Distrik untuk program - program dan anggaran. 


Praeses Distrik VII Samosir, Pdt. Rein Justin Gultom, MA secara langsung menyambut baik dan langsung mengusulkan jadwal pelaksanaan pelatihan serentak secara virtual pada tanggal 5-8 Mei 2021 dan khusus tanggal 28 April 2021 sosialisasi lewat sermon secara virtual kepada pelayan di Distrik VII Samosir yang merupakan salah satu central Program Badan Otorita Danau Toba ( BODT) yang harus siap membentengi jemaat dari penularan HIV/AIDS. 


Pertemuan ini diikuti oleh 63 peserta dan dimoderasi oleh C.Diak. Nadia Manurung, S.Ag. dan host kegiatan ini ialah  C.Diak. Adha Pratiwi Sihombing, S.Ag. (SKD-DAT)