"Jadi ro ma hata ni si Samuel tu sandok Israel songon on: Molo tung mulak hamu tu Jahowa sian nasa rohamuna, sai paholang hamu ma angka debata sileban sian tongatongamuna, ro di angka sombaon Astarot, jala marsihohot rohamuna tu Jahowa, jala sasada Ibana oloi hamu, asa dipalua hamu sian tangan ni halak Palistim.

Lalu berkatalah Samuel kepada seluruh kaum Israel demikian: "Jika kamu berbalik kepada TUHAN dengan segenap hati, maka jauhkanlah para allah asing dan para Asytoret dari tengah-tengahmu dan tujukan hatimu kepada TUHAN dan beribadahlah hanya kepada-Nya; maka Ia akan melepaskan kamu dari tangan orang Filistin.""

1 Samuel 7 : 3

Rapat Koordinasi Pimpinan dan Praeses HKBP Virtual

Senin (12/4/2021), berlangsung rapat koordinasi secara virtual antara Pimpinan dengan Praeses HKBP. Rapat kali ini dihadiri oleh Pimpinan HKBP dari tempatnya masing-masing, 18 orang Praeses, Badan Pemulihan Aset HKBP, Balitbang HKBP, dan Biro Hukum HKBP. Ephorus HKBP mensyukuri karna perkembangan teknologi sangat menolong sehingga koordinasi seperti ini dapat dilangsungkan dengan lebih mudah dan sederhana. Kegiatan ini adalah Rapat Koordinasi Pimpinan dan Praeses kedua yang dilakukan secara virtual, setelah Rapat Koordinasi Virtual pertama pada Minggu (11/4/2021) yang lalu.


Koordinasi virtual dimulai dengan pembacaan ayat Alkitab oleh Sekretaris Jenderal HKBP lalu doa pembuka oleh Kepala Departemen Koinonia HKBP. Memoderasi koordinasi virtual tersebut, Sekjend HKBP memaparkan topik koordinasi yaitu : 1. Trust and Target Dialogue, 2. Virtual Account dan Keuangan HKBP, 3. Penyehatan Aset di Distrik, 4. Penyelesaian Database HKBP, 5. Persiapan Rapat Pendeta HKBP 2021.


Ephorus HKBP memimpin koordinasi dengan memaparkan maksud dan tujuan Trust and Target Dialogue kepada dan capaian yang akan diraih bila dilaksanakan. Ephorus menegaskan pentingnya Trust and Target Dialogue sebagai program yang sangat terukur karena memiliki batas waktu. Trust and Target Dialogue adalah program semacam pendampingan yang terukur dan memiliki time limit dari supervisor ke inferior-nya. Misalnya Ephorus ke Praeses, seperti yang sudah dilaksanakan Ephorus ke beberapa Praeses, atau Praeses ke Pendeta Ressort, dan seterusnya. Supervisor akan berdialog dengan inferior-nya mengenai target pelayanan dan mengawal hasil dialog sampai batas waktu yang sudah ditentukan sehingga dapat dievaluasi.

Sekjend HKBP menyampaikan apresiasi kepada Praeses tentang 11 Jemaat yang sudah memanfaatkan Virtual Account yang sudah bekerjasama dengan Bank Mandiri dan Bank BRI dalam pengiriman dana ke Kantor Pusat. Hal tersebut juga ditegaskan oleh Ephorus supaya Praeses mengimbau Pendeta Ressort untuk memaksimalkan penggunaan Virtual Account HKBP. 


Dalam koordinasi tentang Pemulihan Badan Aset, Ephorus mempersilakan Ketua Badan Pemulihan Aset, Dr. Januari Siregar, untuk menyampaikan program dari Badan Pemulihan Aset yang terkait dengan distrik. Ketua Badan Pemulihan Aset menyampaikan program pendataan dan pemulihan aset di 32 distrik, oleh karena itu perlu kerjasama aktif antara Praeses dengan Badan Pemulihan Aset HKBP.

Balitbang HKBP memaparkan kondisi database HKBP yang sudah menunjukkan perkembangan signifikan selama 3 bulan di tahun 2021. Sudah meningkat sebanyak 100.000 data yang masuk ke dalam database HKBP. Ompu i Ephorus optimis, bila perkembangan ini terus berlanjut maka database HKBP dapat rampung di tahun 2021. 


Mengenai persiapan Rapat Pendeta Hatopan, Ephorus mengimbau para Praeses untuk mempersiapkan dengan matang juga segera melaporkan jadwal Rapat Pendeta Distrik masing-masing supaya dapat disesuaikan dengan waktu Ephorus.


Korespondensi: Kantor Sekjend HKBP

Pustaka Digital