"Minggu Septuagesima
Topik: GABE SIULAHON HATA I (HIDUP BENAR SESUAI DENGAN HUKUM TUHAN)"

Ev: Jakobus 1 : 22-25/Ep: Jesaya 58 : 1-9a

Rapat Perancangan Program dan Anggaran Tahun Profesionalisme Dalam Penatalayanan 2023

Di Tengah Tahun Kesehatian HKBP 2022 yang masih berjalan, Pimpinan, Kepala Biro, Kepala Unit Pelayanan dan Ketua Lembaga Teologi melaksanakan rapat untuk merancang Program dan Anggaran HKBP di Tahun Profesionalisme dalam Penatalayanan 2023 di Perkampungan Pemuda HKBP Jetun Silangit (15/6/2021). Kelima Pimpinan HKBP, Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar, Sekretaris Jenderal, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST, Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Deonal Sinaga, Kepala Departemen Marturia, Pdt. Daniel Taruli Asi Harahap, M.Th dan Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga memimpin rapat tersebut.


Sekretaris Jenderal kepada peserta rapat agar penyusunan Program dan Anggaran Merujuk Rencana Induk (RIP), Rencana Strategi dan Sentralisasi Keuangan HKBP serta formatnya sesuai dengan database HKBP.


Ompu i Ephorus menyebutkan tidak ada lagi program-program yang tumpang-tindih, tetapi terjadi koordinasi yang baik di antara Biro dan Unit pelayanan. Pemberdayaan dan pelatihan yang dilakukan sudah harus bermuara pada aksi.

Profesionalisme dalam Penatalayan harus nyata dalam pelaksanaan Sentralisasi Keuangan HKBP. Di Sinode Godang nanti akan disahkan Pedoman Pelayanan Keuangan (PPKU), Sistem Operasi Prosedural (SOP) HKBP dan lain-lain. Sebab sistem pelayanan di Tahun 2023 sudah sangat berbeda dengan sistem yang sekarang, tegas Ompu i Ephorus.

Profesionalisme dalam Penatalayanan menyangkut tanggung jawab, keahlian, keterampilan, nilai, sistem, prosedur dan segala yang dibutuhkan dalam pelayanan, terang Kepala Departemen Marturia. 

Kepala Departemen Koinonia dan Kepala Departemen Diakonia memaparkan Program dan Anggaran di Departemen masing-masing. Kegiatan-kegiatan nanti akan diselenggarakan dalam bentuk workshop, terang Kepala Departemen Koinonia. 


Peserta rapat sangat antusias meresponi penjelasan dan Arahan Pimpinan serta komitmen melakukan yang terbaik demi kemajuan dan Profesionalisme Penatalayanan HKBP. (B.TIK)