Rayakan 25 Tahun Berdirinya HKBP Palmarum

Perayaan berdirinya HKBP Palmarum Distrik II Silindung dilaksanakan tepat pada Minggu Palmarum (24/3/2024). Ibadah diselenggarakan di dalam gedung gereja dan perayaan diadakan di tanah yang baru dibeli. Pelunasan tanah itu dilaksanakan secara bertahap dengan Rp725.000.000 dan pengurusan lainnya, seperti penimbunan dan pengurusan surat diperkirakan Rp75.000.000.

Tanah itu berdampingan dengan letak bangunan gereja. Direncanakan ke depan, lokasi baru tersebut untuk pengembangan pelayanan HKBP Palmarum.


Warga HKBP Palmarum memperlihatkan kesatuan hatinya untuk mengadakan peningkatan berbagai pelayanan gereja. Jemaat dan majelis gereja cukup antusias mempersiapkan semua kebutuhan Perayaan yang diselenggarakan hari ini. Semangat gotong royong begitu nyata dihidupi oleh warga HKBP Palmarum. 

Kini anggota jemaatnya berjumlah 146 kepala keluarga, yang dilayani 8 orang penatua, seorang pendeta fungsional dan seorang pendeta resort. Tampaknya semua bersukacita dan bergembira pada perayaan tersebut.


Rangkaian ibadah diawali dengan prosesi, penandatanganan prasasti dan kebaktian. Ibadah dipimpin Praeses HKBP Distrik II Silindung sebagai liturgis, warta jemaat dibacakan Pendeta HKBP Resort Palmarum, Pdt. Martin Gultom, S.Si, sejarah HKBP Palmarum dibacakan St. Nelson, yang juga sebagai anggota Majelis Pekerja Sinode (MPS) dari Distrik II Silindung dan Khotbah disampaikan Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar.

Dalam khotbahnya, Ompu i Ephorus mengapresiasi ketulusan hati jemaat HKBP Palmarum dan Allah berkarya dalam sejarah perjalanan-pelayanan HKBP Palmarum.



"Sejak berdirinya HKBP Palmarum, perbuatan-perbuatan Allah yang luar biasa itu boleh dirasakan semua jemaat. Pelayan-pelayan penuh waktu yang telah silih berganti menyaksikan karya Allah itu, melalui kesetiaan, ketaatan dan kebaikan seluruh jemaat di sini. Itu sesuai dengan nats khotbah minggu ini, dua murid yang diutus, pemilik keledai dan khalayak ramai yang mengelu-elukan Yesus Kristus, Raja dan Mesias," terang Ompu i Ephorus.

Tamu undangan turut bersukacita dan penuh hikmat mengikuti ibadah dan perayaan. Kumpulan dari HKBP Pearaja, HKBP Tarutung Kota dan GKPI Kota Tarutung turut mempersembahkan koor pada ibadah. 

Perayaan dirangkai dengan kata-kata sambutan, makan siang, tortor, penyematan ulos oleh Ompu i Ephorus kepada jemaat, pemerhati, tamu undangan dan acara hiburan lainnya. (B.TIK)