Renungan Harian HKBP | 15 April 2024

DAPATKAH AKU YANG MEMPERTANYAKAN ALLAH ?

Syalom Bapak-Ibu dan Saudara-saudari yang terkasih di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, untuk mengawali aktifitas kita hari ini marilah kita mendengarkan Firman Tuhan. Marilah kita berdoa!

Doa Pembuka : Bapa kami yang di surga, kami bersyukur untuk berkat dan juga karunia yang telah Engkau berikan di dalam kehidupan kami. Di mana Kami boleh memulai hari ini dengan napas kehidupan dan Anugerah kesehatan yang dari padaMu. Bukakan hati dan pikiran kami agar kami boleh mendengar dan memahami Firman yang Engkau sampaikan di dalam kehidupan kami ini. Dalam Kristus Yesus kami berdoa. Amin.

Saudara-saudari yang terkasih di dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus, sesuai dengan ayat harian yang ditulis dalam Almanak HKBP, Renungan kita pagi ini ditetapkan dalam Roma 9 : 20. Beginilah Firman Tuhan, 

Siapakah kamu, hai manusia, maka kamu membantah Allah? Dapatkah yang dibentuk berkata kepada yang membentuknya: “Mengapakah engkau membentuk aku demikian?”

Demikianlah Firman Tuhan.

Siapakah aku yang berani mempertanyakan Allah? Tidakkah ciptaan di ciptakan sesuai dengan kehendak Allah? Bukankah Kehendak Allah adalah yang terbaik bagi hidup kita?

Bapak-ibu dan saudara-saudari yang dikasihi Tuhan, melalui renungan ini, Rasul Paulus hendak menegaskan kembali kepada jemaat Roma dan kita orang yang percaya tentang bagaimana Tuhan menganugerahkan keselamatan kepada kita. Tidak sedikit dari kita yang melupakan anugerah keselamatan itu, terlebih disaat beban berat dan banyaknya permasalahan yang hadir didalam hidup kita. Paulus mengimplementasikan situasi demikian dengan merefleksikan diri, Siapakah kamu, hai manusia, maka kamu membantah Allah ? Situasi yang berat kerap menghantarkan diri kita untuk bertanya, benarkah Tuhan menginginkan hal berat ini terjadi padaku? apakah Tuhan itu benar-benar mengasihiku? kalau iya, kenapa Tuhan izinkan kesulitan dan peristiwa berat ini terjadi padaku? Pertanyaan-pertanyaan yang mengajak diri untuk mulai meragukan kasih Allah didalam kehidupan kita. 

Bapak-ibu dan saudara-saudari yang dikasihi Tuhan, apabila pertanyaan yang meragukan itu hadir didalam kehidupan kita, ingatlah! Tuhan benar-benar mengasihi kita dan sekali-kali pun Tuhan tidak pernah mengurangi kadar Kasih-Nya untuk kita. 

 

Doa Penutup : Ya Allah Tuhan kami yang bertahta di Surga. Kami bersyukur untuk semua anugerah yang telah Engkau berikan di dalam kehidupan kami. Engkau mengingatkan kami untuk menjadi pelaku FirmanMu. Kuatkan dan teguhkanlah hati kami ya Tuhan agar kami boleh mengaplikasikannya didalam kehidupan kami, sehingga kami semakin bermakna bagi kemuliaan namaMu, semakin banyak orang yang percaya akan kasihMuSyukur bagiMu Tuhan, di dalam Kristus Yesus kami berdoaA m i n.

Kasih Karunia dari Tuhan kita Yesus Kristus, anugerah dari Allah Bapa, dan persekutuan Roh Kudus. Kiranya menyertai kita. Amin.


C.Pdt. Lamhot D.L. Sitompul, S.Th - Calon Pelayan di Kantor Biro Ibadah Musik HKBP

Pustaka Digital