Renungan Harian HKBP | 15 Mei 2023

 ”Tuhan yang memberi kekuatan"

Selamat Pagi..Salam sejahtera bagi Bapak/Ibu/ saudara  sekalian dimanapun berada pada saat ini.  Sebelum kita mendengarkan Firman Tuhan. Mari kita berdoa! 

Doa Pembuka: Bapa di Surga kami bersyukur kepadaMu atas Anugerah dan kebaikan Tuhan  yang menyertai kehidupan kami hingga saat ini.   FirmanMu yang kami dengar saat ini, kiranya menguatkan kami untuk menjalani kehidupan kami sepanjang hari ini. Hanya di Dalam Nama Yesus Kristus kami berdoa. Amin.

Bapak, Ibu, saudara sekalian yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus, Firman Tuhan bagi kita hari ini, Senin, 15 Mei 2023, tertulis dalam Filipi 4 ayat 13:”Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku”        

Bapak/Ibu/Saudara sekalian  yang dikasihi Kristus, Dalam perjalanan hidupnya sebagai Rasul atau pemberita Injil,  Paulus banyak menghadapi kesulitan, tantangan dan  berbagai penderitaan.  Sebagaimana di tuliskan dalam 2 Korintus 11 ayat 23-27, Paulus pernah dianiaya, dilempar dengan batu,  didera dan disesah, kerap sekali dalam bahaya maut seperti kapalnya yang pernah karam; terkatungkatung ditengah lautan, mengalami  kelaparan dan kehausan dan banyak lagi tantangan dan kesulitan yang dialami oleh rasul Paulus;   Bahkan ketika Paulus mengirimkan suratnya ini pun kepada jemaat Filipi,  Paulus sedang berada dalam penjara di Roma karena ia memberitakan Injil. Namun yang menrik dari kisah Paulus  adalah  dia tidak menyerah,  ia tetap kuat  dan teguh bahkan ia tetap bersukacita dalam  menghadapi  segala penderitaannya. Apa yang membuat Paulus mampu bertahan dan tetap kuat menghadapi berbagai perkara atau kesulitan dalam hidupnya? Jawabnya adalah Karena Tuhan menguatkan dan memampukannya; Sebagaimana yang dikatakan Paulus dalam Firman Tuhan ini: ”Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku”

Bapak/Ibu/Saudara sekalian  yang dikasihi Kristus, dalam menjalani kehidupan ini pun, kita tidak luput dari berbagai pergumulan, penderitaan bahkan berbagai kesulitan. Tapi Firman Tuhan hari ini,  sungguh meneguhkan kita  sebagaimana yang dinyatakan rasul Paulus dalam nats ini  “Segala perkara dapat kutanggung didalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku”.  Ungkapan segala perkara disini adalah  “Segala sesuatu” , semua hal bahkan dalam  berbagai keadaan  apapun yang kita alami, tidak soal apakah itu berkekurangan atau berkecukupan, apakah masalah kecil atau besar; satu hal yang pasti adalah  segala perkara itu dapat kita  “tanggung”,  artinya, dapat kita hadapi, kita lalui bahkan kita mampu memikulnya bukan karena kekuatan dan kemampuan diri  kita; tetapi didalam Dia, yaitu Tuhan Allah yang memberi kekuatan itu kepada kita sehingga kita mampu  menghadapinya.

Bapak/Ibu/Saudara sekalian  yang dikasihi Kristus, kekuatan dan kemampuan  manusia itu ada batasnya tetapi Allah tifak memiliki keterbatasan bahkan kuasaNya dan kekuatanNya   tidak terselami. Karena itu, tetaplah berserah kepadaNya dan selalu mengandalkanNya dalam berbagai perkara dan dalam hal apapun yang kita hadapi dalam hidup ini.  sebab orang yang berjalan bersama Kristuslah  dapat menanggung segala perkara itu dan kita pun dimenangkanNya. Mari selalu katakan: AKU KUAT DAN MAMPU DIDALAM  TUHAN. Amin         

Doa Penutup: Marilah kita Berdoa! Bapa di sorga, terima kasih atas FirmanMu yang menyapa kami  hari ini yang sungguh menguatkan kami dalam menjalani kehidupan kami terlebih ketika kami menghadapi berbagai kesulitan dan berbagai pergumulan,   Engkau  selalu  menguatkan dan memampukan kami untuk menghadapinya.  Karena itu kami serahkan seluruh kehidupan kami hanya kepada Tuhan. Hanya Engkaulah Kekuatan dan Perisai hidup kami.  Dengarlah Doa kami ini Hanya didalam Nama Tuhan Yesus Kristus, Tuhan kami.  Amin

Anugerah Tuhan kita Yesus Kristus. Kasih setia dari Allah Bapa dan Persekutuan Roh Kudus, kiranya menyertai kita sekalian hari ini dan selamanya. Amin.

Bvr. Sulastri Sitompul- Kantor Biro Zending HKBP