Renungan Harian HKBP | 17 Februari 2024

Shalom Selamat pagi bapak / ibu dan saudara / i yang terkasih di dalam nama Tuhan Yesus Kristus Marilah kita mempersiapkan diri untuk mendengarkan Firman Tuhan dengan bersaat teduh sejenak.

Doa Pembuka: Kita berdoa! Terima kasih Yesus atas segala nafas kehidupan dan kesehatan yang Tuhan berikan kepada kami, sehingga kami dapat melakukan tugas kami setiap harinya, itu bukan karena diri kami, tetapi itu semuanya dari Engkau Tuhan, kami dapat. Tuhan Yesus sebentar lagi kami mau disapa dengan firmanMu berikanlah kepada kami umatMu hikmat dan pengetahuan akan firmanMu dan campur tanganlah Engkau Tuhan dalam segala hidup kami. Amin. 

Renungan kita pada pagi hari ini Sabtu 17 Februari 2024 tertulis di buku Yesaya 29 : 14 beginilah firman Tuhan: “Maka sebab itu, sesungguhnya, Aku akan melakukan pula hal hal yang ajaib kepada bangsa ini, keajaiban yang menakjubkan; hikmat orang- orangnya yang berhikmat akan hilang, dan kearifan orang-orangnya yang arif akan bersembunyi.

Apa itu ibadah? Banyak orang menganggap ibadah hanyalah apa yang kita lakukan di dalam Gereja. Lebih sempit lagi orang menganggap ibadah itu adalah apa yang terjadi dalam satu ajam yang kita lakukan. Benarkah sebuah ibadah terlepas dari kehidupan keseharian dan menjadikan kita lupa dengan pencipta dan pemelihara kehidupan kita? Ketika Ibadah hanya berhenti pada ritual, dan tidak menyentuh kehidupan maka orang akan hidup dalam dua dunia dan tidak mampu menjalanimya, sebagai hidup yg utuh.

Itulah teguran Tuhan Yesus dengan mengutip kitab yesaya kepada orang farisi yang mengutamakan ritual, tanpa menyambungkannya dengan realitas kehidupan setiap hari yang mestinya beriringan ada dalam hidup orang beriman. Ibadah berasal dari kata abodah yg menunjukkan sikap orang kepada Tuhan dan semestinya ketertundukan itu tidak hanya dalam arti fisik, namun juga hati dan pikiran termasuk perilaku kita di luar gereja. Jadi seluruh hidup kita sebenarnya dan seharusnya adalah ibadah kita kepada Tuhan, tidak terbatas hari minggu, tidak terbatas dalam gereja.

Maka sebab itu sesungguhnya, aku akan melakukan pula hal-hal yang ajaib kepada bangsa ini keajaiban yg menakjubkan hikmat orang- orangnya yang berhikmat akan hilang, dan kearifan orang orang nya yang arif akan bersembunyi. Tuhan tidak melarang manusia untuk mencari dan belajar terhadap pengetahuan, sebaiknya kita haruslah semakin rajin untuk mencari dan menggapai ilmu pengetahuan yang lebih tinggi dan baik. oleh karena itu kita selalu meminta kepada Tuhan supaya berhikmat untuk menjalankan tugas pelayanan kita.Amin.

Doa Penutup: Terima kasih Yesus kami telah selesai mendengarkan firmanMu, ajari kami supaya tetap menjadi pelaku firmanMu yang setia dan takut akan Engkau dan menjauhi perbuatan dosa. Tuhan Yesus Engkau sungguh baik dalam Hidup kami dan Engkau cukupkan kebutuhan kebutuhan hidup kami umatMu ini, Engkau sungguh ajaib dalam segala hidup kami. Amin.

Anugrah Tuhan Yesus Kristus dan kasih setia dari Allah bapa serta persekutuan Roh Kudus kiranya menyertai kita sekalian. Amin.


Bvr. Cleopatra Sitorus- Kantor Biro Zending HKBP Pematangsiantar