Renungan Harian HKBP | 31 Mei 2024

Jangan Takut! Kuatkan Hatimu!


Syalom Bapak-Ibu dan Saudara-saudari yang terkasih di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, untuk mengawali aktivitas kita hari ini marilah kita mendengarkan Firman Tuhan. Marilah kita berdoa!

Doa Pembuka: Bapa kami yang di surga, kami bersyukur untuk berkat dan juga karunia yang telah Engkau berikan di dalam kehidupan kami. Kami boleh memulai hari ini dengan napas kehidupan dan Anugerah kesehatan yang dari padaMu. Bukakan hati dan pikiran kami agar kami boleh mendengar dan memahami Firman yang Engkau sampaikan di dalam kehidupan kami ini. Dalam Kristus Yesus kami berdoa. Amin.

Bapak-ibu dan Saudara-saudari yang terkasih di dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus, sesuai dengan ayat harian yang ditulis dalam Almanak HBKP, Renungan kita pagi ini ditetapkan dalam Hagai 2 : 8. Beginilah Firman Tuhan, 

“Aku akan menggoncangkan segala bangsa, sehingga barang yang indah-indah kepunyaan segala bangsa datang mengalir, maka Aku akan memenuhi rumah ini dengan kemegahan, firman TUHAN semesta alam.”

Demikianlah Firman Tuhan.


Bapak-Ibu dan saudara-saudari yang dikasihi Tuhan, Firman Tuhan hari ini merupakan bagian dari nubuatan nabi Hagai tentang progres pembangunan kembali Bait Suci Tuhan. Nabi Hagai juga mengingatkan kembali kepada Yehuda tentang betapa megahnya Bait Suci Tuhan yang dibangun pada zaman raja Salomo. Sungguh! Benar-benar megah. Melalui pemberitaannya kepada Zerubabel bin Sealtiel dan orang-orang Yehuda, Nabi Hagai menekankan kembali akan janji Tuhan bahwa pembangunan kembali Bait Suci akan lebih megah dari sebelumnya. Nabi Hagai memberikan suara kenabian untuk menguatkan hati mereka, agar mereka tidak takut dan gentar dalam bekerja membangun kembali Bait Suci (ayt. 5-6). Kemudian memberitahu bahwa Tuhan ikut andil alih dalam proses pembangunan kembali Bait Suci. 

Firman Tuhan hari ini menegaskan bagaimana Tuhan akan campur tangan dalam mengembalikan kemegahan Bait Suci. Seluruh bangsa akan digoncangkan dan memenuhi Bait Suci dengan keindahan dan kemegahan. 

Lalu, apa yang dapat kita renungkan melalui Firman Tuhan hari ini ? Pertama, marilah kita hidup dengan pengharapan yang tertuju pada Tuhan Yesus Kristus. Ada kesedihan bagi bangsa Yehuda ketika melihat bangunan Bait Suci yang dibangun kembali, sebab tidak semegah Bait Suci yang semula, pada zaman Raja Salomo. Hal ini menjadikan mereka kehilangan semangat dan mulai goyah untuk membangun kembali Bait Suci Tuhan.Kedua, marilah kita hidup dengan keyakinan bahwa segala sesuatu hal yang berat, akan mudah dilalui bila bersama dengan Tuhan. Melihat bagaimana Yehuda mulai goyah dengan pengharapannya, melalui Nabi Hagai, Tuhan memerintahkan mereka untuk Kuat, bekerja dan jangan takut, sebab Tuhan juga akan turut andil bagian dalam pembangunan kembali Bait Suci.

Ada kalanya dunia ini benar-benar menggoda kita untuk ragu dan menghentikan langkah, disitulah pengharapan kita diuji, jadilah kuat! Sebab sekali-kali pun Tuhan tidak akan membiarkan dirimu berjalan sendirian. Tetap Semangat, Tuhan Yesus Memberkati, Amin.


Doa Penutup: Ya Allah Tuhan kami yang bertahta di Surga. Kami bersyukur untuk semua anugerah yang telah Engkau berikan di dalam kehidupan kami. Engkau mengingatkan kami untuk menjadi pelaku FirmanMu. Kuatkan dan teguhkanlah hati kami ya Tuhan agar kami boleh mengaplikasikannya didalam kehidupan kami, sehingga kami semakin bermakna bagi kemuliaan namaMu, semakin banyak orang yang percaya akan kasihMu. Syukur bagiMu Tuhan, di dalam Kristus Yesus kami berdoa. A m i n 

Kasih Karunia dari Tuhan kita Yesus Kristus, anugerah dari Allah Bapa, dan persekutuan Roh Kudus. Kiranya menyertai kita. Amin.


C.Pdt. Lamhot D.L. Sitompul, S.Th- LPP I di Biro Ibadah Musik HKBP

Pustaka Digital