"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

Respon Cepat HKBP Ditengah Situasi Gawat Meningkatnya Kasus Positif Covid-19 di Indonesia


Pematangsiantar, (15/7/2021)Departemen Diakonia HKBP yang dipimpin oleh Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th melakukan diskusi serius terkait usaha pelayanan HKBP di tegah meningkatkan kasus positif Covid-19 varian Delta di Indonesia bersama tim dari kantor United Evangelical Mission, Ms. Terri Lym Smith dan Irma Riana Simanjuntak, M.Si dengan jajaran unit pelayanan Departemen Diakonia HKBP secara virtual. 

Percakapan berlangsung dari pukul 10:00 - 11:45 WIB dan diikuti 32 peserta. 

Dari data yang diterima oleh Kepala Departemen Diakonia tercatat jumlah jemaat dan pelayan HKBP yang positif Covid 19, 5.162 orang dan 71 orang telah meninggal. Oleh karena itu, respon pelayanan gereja HKBP tanpa memandang status sangat berperan penting bersama pemerintah. Melayani secara holistik dan tidak mengenal lelah memberikan pertolongan. 


Sebagai bentuk usaha yang akan dilakukan adalah menggalang dana untuk disalurkan oleh tim memenuhi kebutuhan. Baik itu kebutuhan yang cepat seperti, pemberian vitamin, masker, obat-obatan, susu, makanan bergizi, hand sanitizer dan mengadakan rapit test, menyiapkan ambulans dan juga mobil jenazah. Sedangkan untuk kebutuhan berkelanjutan seperti menyiapkan ruang isolasi mandiri, menyiapkan tim konseling pastoral secara online yang siap memberikan penguatan kepada jemaat yang positif Covid-19 dan juga kepada keluarga. Pemberdayaan bertanam organik sederhana lewat bertanam dipolibed atau menggunakan sumber yang ada. 


Semua ini dapat terlaksana dengan melibatkan dan memberdayakan potensi yang dimiliki oleh jemaat dan pelayan HKBP yang bersinergitas dengan tim medis dan stakeholder. Tetap kita waspada dan mengikuti protokol kesehatan. (SKD-DAT)

Data Jemaat HKBP yang Terpapar Covid-19

Pustaka Digital