Sambut Jubileum 125 Tahun Zending HKBP, Panitia Lakukan Penanaman Pohon Di Lokasi Seminarium Sipoholon

Panitia Jubileum 125 Tahun Zending HKBP yang dikoordinasi oleh Kepala Biro Ibadah-Musik, Pdt. Rostetti Lumbantobing, S.Th, Ketua Balitbang, Pdt. Dr. Jhon Kristo Naibaho, Ketua Sekolah Tinggi Bibelvrouw, Pdt. Dr. Benni Sinaga di bawah bimbingan Kepala Departemen Marturia, Pdt. Daniel Taruli Asi Harahap, M.Th lakukan penanaman pohon di lokasi Seminarium Sipoholon, Kamis (2/5/2024).


Panitia juga melibatkan staf, pegawai Kantor Pusat HKBP, dosen dan mahasiswa Sekolah Tinggi Guru Huria (STGH) untuk bergotong royong membersihkan sampah-sampah plastik di komplek Seminarium Sipoholon. Kegiatan ini merupakan ajakan HKBP bagi semua masyarakat untuk tetap peduli terhadap kebersihan lingkungan dan menjaga kelestarian alam.


Dalam sambutannya, Pdt. Daniel Taruli menyampaikan kegiatan menanam dan merawat pohon merupakan perbuatan iman dan ibadah. Karena itu gereja harus senantiasa berperan aktif menjaga, memelihara, melestarikan alam atau bumi. Menanam dan merawat pohon merupakan pewartaan umat percaya mengenai Allah Pencipta.


Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga dan Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th turut berperan serta dalam kegiatan tersebut. Kedua Kepala Departemen berharap agar semua pelayan dan warga HKBP turut ambil bagian untuk mengatasi pemanasan global yang terjadi terakhir ini. Tindakan penghijauan harus dilakukan secara terus menerus sebagai warisan kepada generasi mendatang. Penanaman pohon merupakan bagian dari oikumene inklusif. Bumi adalah rumah bersama bagi seluruh ciptaan.


Ratusan pohon dari berbagai jenis yang ditanam di komplek Seminarium Sipoholon hari ini, seperti ingul, alpukat dan mangga. Pdt. Daniel Taruli mempercayakan kepada panitia supaya pohon yang tanam itu selalu diperhatikan pertumbuhannya. (B.TIK)


Pustaka Digital