"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

Sehati Sejiwa Menolong Orang Lain


Muara, 11/4/2021, Sekjend HKBP, Pdt. Victor Tinambunan mengunjungi Jemaat HKBP Untemungkur untuk menyampaikan firman dalam ibadah minggu.


Ayat Alkitab sebagai nats Khotbah tertulis dalam Kisah Para Rasul 4:32-37. Dalam khotbahnya, Pdt. Tinambunan menyoroti perilaku manusia kebanyakan yang mementingkan diri sendiri.  Roh egosentrisme yang begitu menguasai hidup manusia belakangan ini tak jarang membuat orang sampai menyakiti orang lain demi kepentingan dirinya tercapai.


Pdt. Tinambunan menekankan bahwa ayat tersebut menyegarkan iman umat Kristen masa kini. Pasalnya teladan hidup Jemaat Kristen mula-mula menjadi kabar baik bagi kita, Jemaat Kristen masa kini. 


"Menjadi komunitas yang sehati sejiwa dalam menolong dalam memberikan yang terbaik bagi orang lain adalah panggilan kita sebagai orang yang percaya kepada Kristus," tegas Pdt. Tinambunan. Hidup saling menolong dan memberikan yang terbaik bagi orang lain niscaya adalah pertolongan yang bisa kita lakukan bagi sesama manusia dan seluruh ciptaan di tengah roh egosentrisme yang merajalela ditambah wabah pandemi Covid-19.


Korespondensi: Kantor Sekjend HKBP