"Minggu Septuagesima
Topik: GABE SIULAHON HATA I (HIDUP BENAR SESUAI DENGAN HUKUM TUHAN)"

Ev: Jakobus 1 : 22-25/Ep: Jesaya 58 : 1-9a

Sekjend HKBP: Kenaikan Kristus Bukanlah Perpisahan


Merayakan Hari Kenaikan Yesus Kristus, Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan berkhotbah di HKBP Batu Manumpak. Res. Lontung (13/5/2021).


Khotbah disampaikan dari Lukas 24 : 44 - 53, Pdt. Victor Tinambunan menyampaikan bahwa Kenaikan Yesus ke Sorga bukan dalam rangka perpisahan dengan murid-muridNya dan juga dengan kita saat ini. 


"Dang adong hata parsirangan ni Jesus. Boasa hananaek alai dang parsirangan? Tuhan Jesus tong do rampak dohot hita jala, boi Tuhan i manghangkam sude na di hasiangan on, lam solhot do hita tu Tuhan i. Ala manang didia pe hita tartopot do Tuhan i," terang Pdt. Tinambunan.

Pdt. Tinambunan juga nenekankan bahwa kenaikan Yesus menjadi jalan bagi kita semakin dekat kepada-Nya. Penyertaan-Nya semakin terasa dan dekat kepada kita. Jemaat Batu Manumpak yang sudah berusia lebih dari 100 tahun, walau memang kurang jelas tahun berdirinya secara pasti. 

Melalui para Misionaris yang menyampaikan kabar suka cita sampai ke jemaat ini di jaman dulu, sampai pada detik ini berkat dan karunia Tuhan itu tidak pernah berubah.

"Ingkon naeng suan tu rohanta be ndang na gabe mandao Tuhan i sian hita. Ai na lam jonok do Tuhan tu hita ganup ari ganup tingki. Ingkon tahamauliateon, manaek Ibana tu surgo alai sai disarihon Tuhan i do hita sahat tu sadarion. Jala ingkon marlasniroha do hita mandalani ngolu ngolu ala nunga dipasahat Ibana tu hita lasniroha," terang Pdt. Tinambunan.


Gereja ini dipimpin oleh Pdt. Pangihutan Lumban Gaol yang menjadi Liturgis dalam ibadah hari ini. Menurut sejarah, gereja ini telah tiga kali pindah lokasi. Mameakhon Batu Ojahan (MBO) kira-kira tahun 1901.


Korespondensi: Kantor Sekjend HKBP