"Alai borngin i diida si Paulus di bagasan tondina ma Tuhan i na mandok tu ibana: Unang ma ho mabiar; hatahon ma, unang ma ho mauhom!

Pada suatu malam berfirmanlah Tuhan kepada Paulus di dalam suatu penglihatan: "Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam!"

Ulaon ni Apostel 18:9

Sekjend HKBP Kunjungi Jemaat HKBP Ajibata Res. Ajibata

Minggu Exaudi (16/5/2021) Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan berkhotbah dalam ibadah sesi kedua di HKBP Ajibata Res. Ajibata. Ayat Alkitab sebagai nats khotbah tertulis dalam Psalmen 1:1-6 (Toba).

 

Mengawali khotbahnya Pdt. Tinambunan menerangkan  ada 2 jenis orang yang disebut oleh pemazmur dan mengajak warga jemaat untuk menjadi orang yang berbahagia (Batak: halak na martua), "Halak na martua, dohot halak parjahat na songon orbuk. Sapala nanung sahat hita tu bagas joro on, mulak hita sian on gabe halak na martua ma hita. Na sihol roha mamikkiri, manimbangi jala mangulahon patik ni Debata dingolunta," ajak Pdt. Tinambunan kepada jemaat HKBP Ajibata yang pada tahun 2023 akan berusia 75 tahun. 

Karena dampak Covid-19, ibadah Minggu di gereja ini dilaksanakan menjadi 2 sesi, pagi dan siang. Melihat jumlah remaja/naposobulung yang hadir beribadah cukup banyak, Pdt. Tinambunan menekankan pesan "Setiap kita mengusahakan cita-cita atau pekerjaan dan kita serahkan kepada Tuhan hasilnya akan baik dan nilainya sangat besar. Bukan hanya baik bagi kita tetapi juga akan berbuah baik terhadap sekitar kita. Berbeda dengan tipu muslihat atau tipu daya yang mungkin awalnya terlihat bagus, tetapi akan berujung kepada keburukan dan kerugian."


Orang yg selalu menyimpan amarah, emosi, kebencian, dan dendam tidak akan bahagia dalam hidupnya. Satu satunya jalan untuk menerima kebahagiaan itu dari Tuhan adalah membuang jauh-jauh segala amarah, emosi, kebencian, dan dendam. "Ido dalanta laho gabe halak na martua. Na mandalani ngolu hombar tu patikNa i." 

Selesai ibadah Pdt. Tinambunan melakukan  ramah tamah dengan majelis dan beberapa pendeta yg hadir dari jemaat di sekitar Parapat.

Setelah ramah tamah, Pdt. Tinambunan bertemu dengan Bapak Luat Gurning, pemilik Toko Bangunan UD. Gurning untuk membicarakan hutang pembangunan mess Tornauli HKBP. Bapak Gurning bersedia yang dibayar hanya harga bahan bangunan tanpa denda atau bunga sebagaimana dalam suratnya.

Korespondensi: Kantor Sekjend HKBP