Sekjend HKBP: Sudah 25 tahun kita memikul salib, tetaplah lemah lembut & rendah hati seperti Tuhan Yesus

BINJAI, hkbp.or.id - Sejak mandiri dari HKBP Resort Binjai pada 21 Maret 1999 jemaat HKBP Binjai Baru sudah berulang kali pindah tempat untuk beribadah.

Setelah 25 tahun berpindah-pindah tempat ibadah akhirnya Jemaat HKBP Binjai Baru memperoleh IMB dari Walikota Binjai untuk bangunan gereja dan melaksanakan pesta pembangunan gereja HKBP Binjai Baru yang berlokasi di Jl. Mawar, Binjai Utara, Kotamadya Binjai (24/3/2024).


Ibadah yang dirangkai dengan Pesta Pembangunan HKBP Binjai Baru dilaksanakan di halaman rumah warga jemaat, Amang D. Pasaribu, dengan kursi warga jemaat yang disusun di sepanjang Jl. Mawar.

Pdt. Parlan Marpaung, selaku Pendeta Resort HKBP Binjai Baru menyampaikan bahwa panitia pembangunan menargetkan gedung gereja sudah dapat digunakan untuk beribadah pada bulan Agustus 2024 yang akan datang.

Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan hadir untuk berkhotbah dalam ibadah minggu bersama Jemaat HKBP Binjai Baru.



Khotbah yang disampaikan Pdt. Tinambunan berdasar kepada Injil Matius 21: 1-11 tentang peristiwa Tuhan Yesus memasuki kota Yerusalem.

Dalam khotbahnya, Pdt. Tinambunan menekankan bahwa kedatangan Tuhan Yesus ke Yerusalem menunjukkan bahwa Kerajaan Allah berbeda dengan kerajaan dunia ini.


Ketika manusia pada saat itu mengharapkan raja politik dan militer, ternyata Tuhan Yesus hadir malahan menggunakan keledai.

Pdt. Tinambunan mengajak seluruh warga jemaat untuk berefleksi, "kita pengikut Tuhan Yesus, tidak ingin menguasai kerajaan dunia ini, 25 tahun sudah kita semua warga jemaat HKBP Binjai baru memikul salib dan tetaplah lemah lembut dan rendah hati itulah Kerajaan Allah bagi kita," terang Pdt. Tinambunan.

Pdt. Tinambunan juga menyampaikan bahwa marak pengajaran-pengajaran yang dapat mengacaukan iman jemaat. Oleh karena itu, "jangan sesat, Tuhan Yesus yang lemah lembut itu selalu menyertai kita. Apabila ada kesulitan dan sudah menahun, kekuatan untuk berahan dalam kesulitan itu pun adalah dari Tuhan dan selalu menyertai kita," tutup Pdt. Tinambunan.


Ibadah dilayani oleh Pdt. Parlan Marpaung dan Pdt. Hercules Sihotang Praeses HKBP Distrik Binjai-Langkat sebagai Liturgis. Hadir juga Pdt. Pahala Sitorus, Praeses HKBP Distrik Jabartengdiy sebagai pendoa syafaat dan beberapa pelayan penuh waktu yang melayani di Distrik Binjai-Langkat.


Setelah ibadah, hadir Walikota Binjai, Bapak Drs. H. Amir Hamzah, M.AP dan acara dilanjutkan dengan tarian tortor dan pesta pembangunan untuk mengumpulkan dana melanjutkan pembangunan gedung gereja HKBP Binjai Baru. (SKS-NS)






(Ket: Sekretaris Jenderal HKBP mangulosi Walikota Binjai, Bapak Drs. H. Amir Hamzah, M.AP)