Sekretaris Jenderal HKBP Kunjungi Jemaat HKBP Resort Pohan Lobu Siregar


Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan menyampaikan Firman Tuhan dalam ibadah minggu di HKBP Resort Pohan, Lobusiregar (9/5/2021). Dalam khotbahnya, Pdt. Tinambunan menjelaskan perihal sejarah Minggu Rogate yang menjadi nama Minggu hari ini sesuai Kalender Liturgi.

"Minggu Rogate berawal karena terjadi bencana alam. Jemaat berpuasa dan berdoa supaya diampuni dosanya dan tidak terjadi bencana alam lagi."

Pdt. Tinambunan juga menegaskan bahwa arti Rogate sekarang sangat tepat bila kembali seperti arti awalnya. Mengingat banyaknya bencana dan musibah yang terjadi di sekitar kita."Kita ikut membuat dunia menderita, kita harus berdoa memohon ampun kepada Tuhan," terang Pdt. Tinambunan.

HKBP Resort Pohan Lobusiregar sekarang sudah berumur 145 tahun dan akan bersiap untuk perayaan 150 tahun. Untuk itu Sekretaris Jenderal mengajak warga jemaat untuk mengingat dan menyadari bahwa perjalanan perkembangan HKBP dan warga jemaatnya sampai saat ini adalah karena ditopang oleh doa dan kasih.

Doa dan kasih menjadi penopang kehidupan orang Kristen. "Tuhan Yesus telah membuka pekerjaan kasih dan kita sebagai pengikut Kristus akan selalu dikuatkan-Nya untuk mengasihi," tegas Pdt. Tinambunan.

Dalam khotbahnya, Pdt. Tinambunan juga menerangkan tentang pesan Sisolisoli uhum, siadapari gogo singkatnya, "kalau engkau datang ke pestaku, aku akan datang ke pestamu" namun orang Kristen lebih dari itu. Tuhan Yesus mengajarkan untuk mengasihi musuh.

Mungkin terdengar berat, namun Firman Tuhan dalam 1 Yoh. 5:3 (TB) berkata "Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat," sebab kita lahir dari Allah.