"Minggu IX Dung Trinitatis
Topik: POLIN MANGIHUTHON JESUS (MENGIKUT YESUS SECARA TOTAL)"

Ev: Lukas 12:49-53/Ep: Psalmen 82:1-8

Sekum PGI Resmi Buka Sidang PGI Wilayah Sumatera Utara


Sidang Wilayah Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) Wilayah Sumatera Utara yang digelar di Gedung Raja Pontas Lumbantobing, Pearaja, Tarutung, Tapanuli Utara, Jumat (12/11/2021), resmi dibuka oleh Sekretaris Umum PGI, Pdt. Jacklevyn Frits Manuputty.


Sidang dibuka bersama dengan para tamu undangan dan yang mewakili, yakti perwakilan Bupati Tapanuli Utara, Parsaoran Hutagalung, perwakilan Gubernur Sumatera Utara, Dr. Naslindo Sirait, Kepala Biro Perekonomian Setdaprovsu, Pimpinan Gereja anggota PGIW dari HKBP, Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar, Ketua PGI Wilayah Sumatera Utara, Bishop Darwis Manurung, S.Th, M. Psi., dan Ketua Umum Panitia, Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Dr. Victor Tinambunan. Pembukaan sidang ditandai dengan pemukulan Gong. 


Sidang yang dilaksanakan secara Hybrid diikuti pimpinan gereja-gereja yang ada di wilayah Provinsi Sumatera Utara di bawah naungan PGI Wilayah Sumatera Utara. HKBP dipercaya menjadi tuan rumah Sidang PGIW-SU dengan Ketua Umum Panitia, Pdt. Dr. Victor Tinambunan.




Sidang PGIW-SU ini diawali dengan ibadah yang dilayani Pdt. Eden Siahaan sebagai liturgis dan Pdt. Debora P. Sinaga, Kadep Diakonia HKBP sebagai pengkhotbah. Dalam khotbahnya, Pdt. Debora menyampaikan supaya semua kegiatan memiliki keterhubungan dengan Tuhan dan ia berpesan agar peserta sidang memilih pengurus PGIW yang takut akan Tuhan.


Selain itu, dalam Laporan Panitia oleh Pdt. Victor Tinambunan, ia menyampaikan bahwa panitia lokal bersukacita menerima tugas sebagai penyelenggara karena tahu akan bertemu dengan hamba-hamba Tuhan terbaik di gereja-gereja yang ada di Sumatera Utara. “Pastilah jika bertemu menjadi menginspirasi dan menyemangati HKBP dalam melakukan tugas-tugas panggilan keseharian. Panitia juga bersukacita karena sesuai tata dasar PGIW bahwa sidang wilayah adalah persekutuan doa dan iman dan menjadi persembahan yang baik kepada Tuhan,” tegas Pdt. Tinambunan. Pdt. Tinambunan juga melaporkan kegiatan dilaksanakan secara Hybrid sesuai dengan peraturan pemerintah dengan jumlah 120 peserta yang mengikuti sidang secara on site dan yang lain mengikuti secara virtual.


Kata sambutan mewakili pimpinan gereja peserta sidang disampaikan oleh Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar. Dalam sambutannya yang berangkat dari Tema, “Aku Adalah yang Awal dan Akhir “(Wahyu 22:13), dengan Subtema: “Bersama seluruh warga Bangsa, Gereja memperkokoh NKRI yang demokratis, adil dan sejahtera bagi semua ciptaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945”, Pdt. Robinson berharap kiranya kedua hal itu dapat menyemangati seluruh peserta untuk mengikuti sidang.


Pdt. Robinson berharap supaya gagasan, rekomendasi, termasuk pengurus baru yang akan dipilih nantinya dapat membawa PGI Wilayah Sumatera Utara untuk mengajak seluruh anggotanya berkolaborasi menghadapi tantangan zaman. Di akhir sambutannya, Ephorus HKBP mengusulkan agar didirikan PGIW Mart untuk membangkitkan perekonomian warga karena yang telah terpuruk akibat dampak Covid-19 yang masih terus melanda Indonesia.


Selain itu, kata sambutan juga disampaikan oleh perwakilan Gubernur Sumatera Utara, Dr. Naslindo Sirait, Kepala Biro Perekonomian Setdaprovsu. Dr. Naslindo berharap peran gereja akan menghadirkan damai sejahtera di tengah-tengah masyarakat. Dalam Perayaan Natal, Naslindo Sirait mengatakan bahwa perayaan itu harus tetap dirayakan, namun tetap dengan protokol kesehatan yang ketat. Ia juga menyinggung tentang wisata halal agar tidak perlu terlalu reaktif. Lebih lagi, ia mengajak warga untuk ramah terhadap saudara-saudari kaum muslim dengan menyediakan tempat yang mereka butuhkan.


Menutup rangkaian sambutan, Sekretaris Umum PGI Pdt. Jacklevyn Frits Manuputty pada kata sambutannya menyampaikan tentang  Isu Strategis PGI diantaranya pengurusan besar-besaran ekologi yang terjadi saat ini, supaya manusia  mampu keluar dari hak arogansi dan memberikan hak kepada alam. Dalam hal penyampaian suara kenabian, Sekum PGI menekankan, supaya tidak hanya menyampaikan suara kenabian, tetapi yang terpenting adalah nyali kenabiannya.

Tentang Covid -19 PGI perduli dan senantiasa berupaya mendukung upaya pemerintah untuk dapat keluar dari permasalahan yang diakibatkan Covid-19. Diakhir sambutannya Pdt. Jacklevyn menyampaikan selamat mengikuti Sidang PGIW.


Hingga berita ini ditulis, sidang paripurna masih berlangsung hingga esok hari Sabtu (13/11/2021), dan pada Minggu (14/11/2021) akan dilaksanakan ibadah pelantikan pengurus terpilih PGIW-SU untuk periode 2021 – 2026. (P. Sam – B.TIK)

 

Pustaka Digital