"Alai didok ma tu ibana: Dipalua haporseaonmi do ho, inang! Mardame ma ho laho! Sai malua ma ho sian parniaeanmi!

Maka kata-Nya kepada perempuan itu: "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!""

Markus 5 : 34

Semangat Transformasi HKBP Resort Batu Raja


Dalam pelayanan Praeses HKBP Distrik XV Sumbagsel Pdt. Oloan Nainggolan, STh di HKBP Resort Batu Raja pada hari Jumat – Senin (30 April – 03 Mei) mengajak agar setiap Jemaat dan Parhalado untuk mewujudnyatakan ‘Transformasi HKBP’. Sehingga Gereja HKBP mulai disukai oleh siapa pun. Sehubungan dengan itu kita harus mampu mengembalikan ‘trust’ (kepercayaan), yang dimulai dari diri kita sendiri sebagai Pelayan Full Timer, Parhalado maupun Jemaat.


Walau pun hujan deras menyertai perjalanan Amang Praeses dan rombongan dari Palembang menuju HKBP Pematang Panggang B4 (+ 5 jam perjalanan) tidak membuat kendor semangat pelayanan. Jalan tanah liat dan jalan berlubang menjadikan semangat baru dalam ber-HKBP. Gereja HKBP Pematang Panggang B4 memiliki 14 KK (Pimpinan Jemaat St. D. Tampubolon). Namun bangunan Gereja sudah permanen. Keakraban dan rasa saling peduli antar sesama Parhalado dan Jemaat masih sangat erat. 


Dalam Ibadah Partangiangan di HKBP Pematang Panggang B4, hadir juga para Parhalado dari HKBP Pematang Panggang B5 (9 KK, Pimpinan Jemaat St. S. Simorangkir) dan HKBP Kampung Baru (13 KK, Pimpinan Jemaat St. L. Sormin). Turut hadir Pendeta HKBP Resort Batu Raja (Pdt. Marnaek Situmorang), Pimpinan Jemaat HKBP Belitang (Pdt. Milton Ompusunggu, STh), dan Pimpinan Jemaat HKBP Martapura (Pdt. Junjung Obey Panggabean, STh).


Setelah pelayanan di HKBP Pematang Panggang B4, rombongan Praeses menuju Gereja HKBP Belitang (130 KK) dengan waktu perjalanan 2 jam lamanya. Tepat jam 19.00 Wib (Jumat, 30 April 2021) Praeses HKBP memimpin Ibadah Partangiangan di Gereja HKBP Belitang dengan tetap menggunakan protokol kesehatan. Dalam acara ramah tamah, Praeses menekan bahwa Gereja HKBP Belitang harus mampu menjadi Gereja yang jujur dalam setiap hal, secara khusus persembahan ke Pusat.


Keesokan harinya (Sabtu, 01 Mei 2021) rombongan Praeses menuju Gereja HKBP Persiapan Way Tuba (33 KK, Pimpinan Jemaat St. J. Sianturi) dengan waktu perjalanan 1,5 jam. Tepatnya jam 11.00 Wib Praeses memimpin Ibadah Partangiangan dengan menekan bahwa orang yang percaya akan kebesaran Tuhan, adalah orang yang mampu dalam berKantate. Maka hidup orang tersebut akan terlihat sebagai orang yang peduli, suka menolong, tidak bersungut-sungut dan saling mengasihi.

Tepatnya jam 14.00-16.00 Wib kegiatan dilanjutkan dengan Pemberdayaan Parhalado HKBP Se-Resort Batu Raja dengan topik:

1. Riwayat Terbentuknya Tohonan Sintua

2. Marhobas Dohot Hohom

3. Transformasi HKBP

Hasil dari Pemberdayaan tersebut, Parhalado komit untuk siap melakukan pelayanan dengan hal-hal sekecil apa pun itu. Lebih menariknya lagi, Parhalado komit untuk ikut mendukung Gerakan Seribu  Dana Pensiun HKBP.


Setelah pemberdayaan Parhalado selesai, rombongan Praeses menuju ke Gereja HKBP Martapura (48 KK) untuk memimpin Ibadah Partangiangan dan ramah tamah. Kehadiran Praeses di Gereja ini membuat semangat baru karena kerinduan Jemaat sudah terpenuhi melalui acara ramah tamah. Praeses HKBP menekankan bahwa Gereja HKBP Martapura harus turut mendukung Gerakan Seribu Dana Pensiun HKBP.


Pada hari Minggu, 02 Mei 2021 Praeses dan rombongan menuju Gereja HKBP Batu Raja untuk melayani Ibadah Minggu dan Pesta Gotilon. Untuk menjangkau pelayanan Ibadah Minggu di Gereja lain, maka Sekretaris Distrik Pdt. Warso Jhon Siahaan, STh melayani Ibadah Minggu di HKBP Batu Marta (19 KK).


Pada hari Senin, 03 Mei 2021 memimpin Sermon & Konvent Distrik Regional Palembang. Dengan kehadiran Amang Praeses dan Pelayan Full Timer kiranya dapat memotivasi Parhalado dan Jemaat HKBP yang ada di Resort Batu Raja. Semakin nyata wujud ‘Transformasi HKBP’ bagi HKBP Resort Batu Raja. Tuhan memberkati untuk menjadi berkat bagi dunia. (WJS)