"Minggu IX Dung Trinitatis
Topik: POLIN MANGIHUTHON JESUS (MENGIKUT YESUS SECARA TOTAL)"

Ev: Lukas 12:49-53/Ep: Psalmen 82:1-8

SINODE HKBP DISTRIK I TABAGSEL-SUMBAR

P.Sidimpuan(9/2) Sinode HKBP Distrik I Tabagsel Sumbar bertempat di HKBP Padangsidimpuan, Sinode Distrik tersebut  membicarakan Program Kerja dan Anggaran pada tahun 2021 yang disesuaikan dengan  Tema Orientasi Pelayanan HKBP tahun 2021 dengan Tema “Aku telah memilih dan menetapkan kamu, supaya pergi dan menghasilkan buah (Yohanes 15: 16) dan sub tema : “ Ditengah pandemi Covid-19, kita berbenah dan bertranformasi menunaikan tugas gereja dengan kewaspadaan”

 

Pembukaan Sinode diawali dengan Ibadah Pembukaan yang dipimpin oleh Pdt. Dulles Hutahaean, S.Th, Liturgis Pdt. Jasinto Lumbangaol, S.Th, Doa Syafaat St. Haryono Manik S.Pd  serta dibuka langsung oleh Pdt.Ebsan B.Hutabarat selaku Praeses HKBP Distrik I Tabagsel –Sumbar, Sinode Distrik tersebut dihadiri 60 orang peserta.

 

 Sinode Distrik ini membicarakan Program Kerja Distrik pada tahun 2021, dengan mengacu dari  program yang telah ditentukan Pimpinan Pusat, yakni “Tahun Pemberdayaan HKBP 2021 ”. Dalam Program Tahun Pemberdayaan HKBP 2021 ini terdapat empat target kategori pencaipan yaitu : Spritualitas,Pengembangan wawasan/Cakrawala berpikir, Ketrampilan dan Pengembangan Kelembagaan. Untuk pencaipan program tersebut HKBP Distrik I Tabagsel –Sumbar akan melaksanakan Pemberdayaan kepada seluruh pelayan penuh waktu ( Fulltimer),Pemberdayaan warga Jemaat serta Pemberdayaan lainnya sesuai Panduan Tahun Pemberdayaan HKBP 2021.

 

Pada Sinode ini Secara khusus membahasa tentang  Asset Distrik I berupa dua bidang tanah di Aek Bayur Padangsidimpuan yang akan dijadikan sebagai tempat pembangunan rumah dinas Sekretaris Distrik. Serta Sebidang tanah di Daerah Mosa Palang telah ditinjau oleh Praeses Distrik I Pdt. Ebsan Hutabarat, M.Th sebelum Sinode Distrik bersama   Pdt. Riyan A. Ritonga  S.Th Sekretasis Distrik, Pdt. Marikon Simbolon STh, ( MPS ) , Pdt. Riki Rikardo Simanjuntak S.Th (MPSD ), Maraden Sakti Lubis ( Informasi Distrik) serta beberapa Jemaat HKBP Mosa Palang yang sangat dekat dengan Lahan tersebut.

 

Untuk Aset dua bidang tanah di Mosa palang tersebut, pada sinode ini di putuskan untuk diperdayakan dengan menanam pohon sawit serta tanaman muda di sekitarnya , pada perencanaan tersebut dibutuh dana untuk pengerjaannya, karena selama ini lahan tersebut kosong dan tumbuh tanaman liar yang tidak menghasilkan apapaun.

 

Dalam hal Anggaran HKBP Distrik I Tabagsel –Sumbar ,Seluruh peserta sinode  menyetujui anggaran yang telah ditentukan dan  Anggaran Tahun 2021 tetap seperti anggaran tahun lalu.

Diakhiri sinode dilaksanakan Acara Launching Tahun Pemberdayaan HKBP Tahun 2021 Oleh  Pdt.Ebsan B.Hutabarat M.Th selaku Praeses HKBP Distrik I Tabagsel –Sumbar dan diakhiri dengan Ibadah Penutupan dengan Perjamuan Kudus yang disesuaikan dengan Protokol Kesehatan yang dipimpin oleh Pdt. Maruli Siregar, S.Th sebagai Pengkotbah; Liturgis Pdt. Daniel Siagian, S.Th. Sinode ini diketuai Oleh Pdt.Dulles J.G.Hutahaean STh., Pdt.Riki Rikardo Simanjuntak S,Th Sebagai Sekertaris dan Pdt.Riyan A.Ritonga S.Th sebagai bendahara. Seluruh proses Sinode Distrik berjalan dengan baik, dan terlaksana sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. ( MS)



 Launching Tahun Pemberdayaan HKBP 2021 Oleh Pdt.Ebsan B.Hutabarat M.Th



Meninjau Lokasi Lahan HKBP Distrik I Tabagsel – Sumbar di daerah Mosa Palang

Pustaka Digital