"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

St. Albert B.M. Simanjuntak Sumbang Buku Berjudul Leading Change



Sejak awal tahun berbagai kegiatan pemberdayaan telah berlangsung di banyak Jemaat, resort, distrik dan pusat. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembalikan semangat transformasi pelayan dan warga HKBP di seluruh dunia. Demikian para pemimpin di HKBP diharapkan boleh menjadi agen perubahan (agent of change) atau pelopor pembaharuan. 


Sesuai dengan semangat transformasi yang dikobarkan HKBP di Tahun Pemberdayaan ini, St. Albert B.M. Simanjuntak mengirimkan sebuah buku berjudul “Leading Change,” ditulis oleh Jhon P. Kotler kepada masing-masing Pimpinan, Praeses, dan Kepala Biro di HKBP.  Beliau adalah seorang Managin Director Pt. Chevron Indo Asia Unit Business dan Sintua di HKBP Serpong Resort Serpong, Distrik XXI Banten.



Dalam suratnya, St. Albert menyebut bahwa “buku ini merupakan salah satu referensi utama yang kami gunakan dalam melaksanakan tranformasi berkesinambungan di perusahaan kami selama 20 tahun lebih dan kami telah merasakan manfaatnya.” Diharap juga, buku ini bermanfaat bagi Pimpinan, Praeses, Pendeta, pelayan dan jemaat dalam menjalankan tranformasi HKBP.


Sumbangan buku ini disambut Ompu i Ephorus dengan rasa syukur dan mengirimkan pesan kepada Kepala Biro   melalui WA agar hadir untuk menerima buku Leading Change, sumbangan St. Albert, di ruang Kapelle seusai ibadah pada hari Rabu (28/4/2021). Disampaikan juga, moment tersebut perlu didokumentasikan untuk menunjukkan “we are leaders of change, pemimpin perubahan/transformasi.”


Sebelum buku Leading Change diterima Pimpinan dan Kepala Biro, Pdt. Dr. Enig S. Aritonang menjelaskan isi buku tersebut secara ringkas. Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga menerangkan pengenalannya terhadap St. Albert B.M. Simanjuntak dan mejelaskan bahwa kegiatan pemberdayaan dan muatan buku memiliki tujuan yang sama yaitu “agar kita lebih baik lagi dari yang lalu.” Selanjutnya,  Sekretaris Jenderal, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST  menyampaikan  yang bekenaan akivitas, pelayanan di Kantor Pusat dan berkaitan dengan isi buku Leading Change, yaitu mengenai trust, kepercayaan. (B-TIK)