"Dungi ninna Jahowa ma: “Ingkon bohingKu donganmu mardalan, asa Hutogihon ho tu hasonangan.”

Lalu Ia berfirman: “Aku sendiri hendak membimbing engkau dan memberikan ketenteraman kepadamu.”"

Musa 33 : 14

Ulang Tahun RSU HKBP Balige ke-104, Pimpinan HKBP Resmikan Intalasi Kamar Bedah Terpadu, ICU, PICU, dan NICU

Seiring dengan program peningkatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat dan untuk menjawab kebutuhan atas pelayanan kesehatan, RSU HKBP Balige, rumah sakit swasta terbesar di Kabupaten Toba, turut berbenah dan menambah jumlah layanannya. Pembenahan di sektor Sumber Daya, baik Sumber Daya Manusia maupun Sumber Daya Peralatan serta layanan kesehatannya, disamping peningkatan kualitas pelayanan yang holistik, terukur, dan berlandaskan kasih.

Dalam rangka peningkatan layanan tersebut, di Ulang Tahun RSU HKBP Balige yang ke-104, pucuk pimpinan HKBP, Kadep Diakonia, Pdt. Debora Sinaga, MTh melakukan pengguntingan pita tanda diresmikan pemakaian Gedung Ruang Instalasi Bedah Sentral Terpadu RSU HKBP Balige, Sabtu (10/9/2022).


Dengan diresmikannya Kamar Bedah berjumlah tiga ruangan, RSU HKBP Balige sudah bisa melayani bedah mata katarak, pelayanan NICU (Neonatal Intensive Care Unit), PICU (Pediatric Intensive Care Unit), dan perluasan kapasitas ruang ICU (Intensive Care Unit).

Turut hadir dan menyaksikan peresmian Gedung Instalasi Bedah Sentral, Praeses Distrik XI Toba Hasundutan, Pdt. Same Siahaan, S.Th dengan Liturgis Pdt Pastiana Sipangkar, S.Th didampingi Pengurus Yayasan Kesehatan HKBP, dr. Bonar Sinaga, SpOG, Dr. Sancho Simanullang, Badan Pengawas Yayasan ibu Juliana Marpaung, SKep, MKep, dr. Rosma Napitupulu, MARS, PisQUA, Diak. Solide Siahaan, AMK, direktur dr. Benni Sinaga, Sp.B, Ketua Panitia Harry Siagian, SE beserta undangan, dan pegawai RSU HKBP Balige.



Seusai peresmian dan meninjau ruang pelayanan, acara dilanjutkan dengan Ibadah Syukur Ulang Tahun RSU HKBP Balige Ke - 104 Tahun yang dilayani Pdt. Debora Sinaga sebagai pengkhotbah. Dalam khotbahnya Pdt. Debora Purada Sinaga mengingatkan kembali akan sangat pentingnya peningkatan layanan kesehatan di RSU HKBP Balige, dan semuanya itu harus ditunjang dengan SDM yang handal, beriman dan tetap solid didalam kebersamaan seperti Thema : Bersama adalah yang terbaik (Filipi 2 : 2).

Dalam rangkaian perayaan Ulang Tahun, dr. Bonar Sinaga, SpOG mewakili Pengurus Yayasan Kesehatan berpesan agar Akreditasi jangan hanya di administratif, tapi harus merasuk sampai ke substantif atau harus terimplementasi dalam ruang pelayanan setiap unit. Kepala dinas kesehatan Kab. Toba menyampaikan, adalah sangat baik dan harus ditingkatkan ruang lingkup pelayanan dan kualitasnya, serta kebersamaan antara Pemerintah dan RSU HKBP harus semakin dipupuk demi melayani masyarakat yang lebih baik lagi.

Mewakili BPJS Bapak Dolok Siagian menyampaikan hal perpanjangan kerjasama RSU HKBP Balige dengan BPJS, yang pada bulan Oktober yang akan datang pihak BPJS akan melakukan kredensialing terhadap RSU HKBP Balige demikian juga perluasan pelayanan yang pada hari ini diresmikan.


Juliana Marpaung, M. Kep Ketua Dewan Pengawas menyampaikan, perlu ditingkatkan semangat, disiplin dan kebersamaan dalam rangka menyukseskan kegiatan Akreditasi RS oleh KARS berstandar STARKES. Karena dengan lulusnya Akreditasi maka RS akan dapat terus melanjutkan kerjasama dengan BPJS.

Di akhir acara, diadakan pemberian hadiah kepada pemenang perlombaan yang telah dilaksanakan dari beberapa waktu yang lalu dan juga dimeriahkan dengan pencabutan nomor undian lucky draw.

 (HS Humas/ P. Sam – B’TIK)


Pustaka Digital