"Alai didok ma tu ibana: Dipalua haporseaonmi do ho, inang! Mardame ma ho laho! Sai malua ma ho sian parniaeanmi!

Maka kata-Nya kepada perempuan itu: "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!""

Markus 5 : 34

Ulos Batak Bukan Animisme, di HKBP Menjadi Lawatan Tuhan

Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Robinson Butarbutar mengikuti Pesta Puncak Tahun Kesehatian se-HKBP Resort Sumatera Barat yang dipadu dengan Pesta Panen HKBP Sungai Tambang di HKBP Sungai Tambang Sabtu-Minggu (11-12/6/2022).

Kegiatan ini dihadiri Sekjen HKBP Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MT, Praeses HKBP Distrik I Tapsel-Sumbar Pdt. Ebsan Hutabarat, MTh, Pendeta HKBP Resort Sumatera Barat Pdt. Daniel Marpaung, STh. Hadir Bupati Sijujung, Benny Dwifa S.STP MSi, Kepala Nagari Datok Syahbudin Sinaro, Ketua KNPI Amrul, dan Anggota Dewan Indrawadi, Kadis Kominfo David Rinaldi Mantan Kesbangpol, dan Br Silalahi dari Kodya Solok.


Ada lima poin kesan Ompu i ditulis di FBnya.

Pertama, pada saat rombongan Eph, Sekjen, Praeses, Panres dan pendeta jemaat yg baru serta yang lainnya prosesi menuju tempat ibadah, menyanyikan lagu favorit mereka seperti lagu jemaat mula-mula pada abad pertama khususnya menjelang akhir abad itu yang penuh pergumulan berat, "Marantha," "Datanglah Tuhan," dengan air mata dan tangan diangkat.

Kedua, pada saat ibadah menyanyikan lagu, "Indahnya membangun rumah doa" (lihat rekaman terlampir).

Ketiga, se-resort Sumatera Barat menyerahkan bantuan penyelesaian hutang HKBP ke Dana Pensiun sejumlah Rp 20 jt.

Keempat, mendengarkan khotbah Mzm 8, 1-10 dengan tekun.

Kelima, dengan yakin menyambut lawatan Tuhan lewat penyematan ulos olehNya yang dilakukan Ephorus, keluarga demi keluarga dan pribadi per pribadi.

Sudah menjadi kebiasaan Ompu i Pdt. Dr. Robinson Butarbutar di setiap kesempatan dan Pesta Huria selalu mendoakan dan menyematkan ulos kepada warga jemaat dan orang orang yang memberi perhatian besar kepada HKBP.



Di acara Pesta Puncak Tahun Kesehatian HKBP se-Resort Sumatera Barat di Sungai Tambang Ephorus mendoakan dan mangulosi Bupati Sijujung, Benny Dwifa S.STP MSi, Kepala Nagari Datok Syahbudin Sinaro, Ketua KNPI Amrul, dan Angt Dewan Indrawadi, Kadis Kominfo David Rinaldi Mantan Kesbangpol, dan Br Silalahi dari Kodya Solok.

Secara khusus Ephorus mendoakan dan mangulosi untuk menguatkan 96 KK anggota jemaat HKBP Sungai Liat.

Hadir juga dalam acara yaitu Wali Nagari Kunangan Parik Rantang Kec. Kamang Baru, Bapak Syahbuddin Datuk Sinaro (Datuk Abu) yang sudah dianggap warga jemaat HKBP sebagai Bapak Pancasila karena komitmennya merawat pluralitas, bahkan mau menyerahkan tanahnya menjadi wakaf warga Kristen, khususnya jemaat HKBP.

HKBP Padang Resort Sumatra Barat menyambut Ephorus saat tiba di Padang sore, Sabtu (11/6), Ephorus mengadakan pertemuan dengan pelayan HKBP se Resort Sumatera Barat menjelaskan kondisi Umum HKBP setelah Tahun Pemberdayaan 2021 dan setengah perjalanan Tahun Kesehatian 2022.

(P. Sam – B’TIK).