Walikota Yogyakarta, Drs. Haryadi Suyuti dan Rombongan Kunjungi Kantor Pusat HKBP

Walikota Yogyakarta, Drs. Haryadi Suyuti bersama beberapa Kepala Dinas, Kepala Bagian di Pemerintahan Kota Yogyakarta dan Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) yang diketuai Edison Manurung berkunjung ke Kantor Pusat HKBP di Pearaja, Tarutung. Kunjungan tersebut disambut gembira oleh Pimpinan HKBP, Praeses sekitaran Danau Toba, dan Kepala-kepala Biro.

Ramah tamah terhadap kunjungan Walikota Yogyakarta diselenggarakan di Gedung Raja Pontas Lumbantobing (22/3/2022). Sekretaris Jenderal memperkenalkan Pimpinan HKBP: Ephorus Pdt. Dr. Robinson Butarbutar, Kepala Departemen Koinonia Pdt. Dr. Deonal Sinaga, Kepala Departemen Diakonia Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th., dan turut memperkenalkan Kepala Departemen Marturia, Pdt. Daniel Taruli Asi Harahap, M.Th yang sedang bertugas di luar kota.


Haryadi Suyuti menekankan dalam sambutannya kepatuhan melaksanakan protokol kesehatan, tentang keparawisataan, dan kerukunan umat beragama. Beliau beritahukan bahwa ini adalah  pertama kalinya beliau menginjakkan kaki di daerah Tapanuli dan Samosir.

Haryadi memberitahukan tujuan kunjungan Pemerintah Yogyakarta ke daerah Tapanuli dan Samosir, yakni memohon perhatian, dukungan, serta doa Pimpinan HKBP agar tercipta Kampung Wisata Tapanuli di Yogyakarta.

Masyarakat Tapanuli dikenal sebagai warga yang memiliki semangat belajar tinggi. Yogyakarta dikenal sebagai Kota Pendidikan. Itu didasari dengan lahirnya tokoh pendidikan yaitu Ki Hajar Dewantara. Pemerintah bukan hanya menciptakan orang-orang pintar, tetapi juga menciptakan orang-orang cerdas dan santun, smart is everything. 

Ephorus menceritakan sekilas kepada Haryadi tentang tempat berdirinya Kantor Pusat HKBP yang di dalamnya berdirinya Gedung Raja Pontas Lumbantobing dan Sopo Nommensen.


"HKBP mendukung pembentukan Kampung Wisata Tapanuli di Yogyakarta. Dalam waktu dekat, HKBP  berencana membangun Gedung Bina Warga sebagaimana visi-misi Kota Yogyakarta yang mempertahankan gelar sebagai Kota Pendidikan. Berharap Bapak Walikota dapat mendukung pembangunan gedung tersebut,  memperhatikan anak-anak Suku Batak yang menimba ilmu di sana, dan orang-orang Batak yang bekerja di Yogyakarta," pinta Ompu i Ephorus.

Ephorus mengakhiri sambutannya dengan menitip salam Pimpinan, pelayan, dan warga HKBP kepada seluruh warga masyarakat Kota Yogyakarta. (B-TIK)