Dua Desa di Kabupaten Humbang Hasundutan Dilanda Banjir Bandang

Desa Marbun Tonga dan Desa Marbun Toruan Kecamatan Bakti Raja Kabupaten Hasundutan dilanda banjir. Curah hujan yang tinggi pada Selasa (14/11/2023), sekitar jam 03.00 dini hari mengakibatkan sungai Marbun Tonga meluap dan tanggul sungai di beberapa titik hancur. Material yang terbawa oleh arus banjir mengubah aliran sungai menuju pemukiman warga.




Luapan sungai menerjang 107 rumah  dan lahan persawahan warga. Dampak banjir juga merusak perabotan-perabotan dan hasil pertanian yang tersimpan di rumah-rumah warga, seperti padi. 



Pihak pemerintah dan Polres  Humbang Hasundutan langsung turun tangan membantu warga dan mengembalikan arah aliran sungai.



Saat tim media meninjau lokasi terdampak banjir, para  warga sibuk melakukan pembersihan rumah masing-masing. Praeses HKBP Distrik III Humbang, Pdt. Daminna Lumbansiantar, STh didampingi Pendeta HKBP Resort Simamora bersama puluhan calon pelayan turut serta membantu para warga melakukan pembersihan. Di samping itu, HKBP Marbun mendirikan posko tanggap bencana untuk menyediakan makanan bagi warga terdampak banjir.


Warga yang terdampak banjir mengharapkan topangan dari berbagai pihak. Pihak-pihak yang sukarela memberikan bantuan dapat mengirimkannya ke Rekening BRI atas nama HKBP Marbun dengan nomor 5389 01 013431 538 (B.TIK)