Ephorus : Gerak Bersama adalah Kunci Transformasi


HKBP.or.id – (Kamis, 17 Juni 2021 | 14.30 – 15.15)Hadir virtual dalam Pembinaaan Kepala Bidang se-HKBP, Ephorus didaulat menjadi Keynote Speaker.  Awali sajiannya, Ephorus menyebutkan bahwa transformasi adalah ciri gereja. Transformasi itu diawali oleh Gerakan Yesus. Dalam pergerakannya, Yesus bersama para rasul mentransformasi nilai-nilai yang ada dalam kehidupan masyarakat ketika itu. Hebatnya, gerakan transformatif tersebut terus dianut, dipragmatiskan bahkan diteruskan oleh pengikut-Nya sampai saat ini.

Melanjutkan sajiannya, Ephorus menyampaikan self-critism terhadap HKBP.

“Transformasi HKBP selama ini jalannya sendiri-sendiri. Pertumbuhan iman dan gerakan komunal, misional, dan diakonal HKBP menjadi mandek. Trust warga jemaat dan stakeholders juga semakin tergerus, tuturnya.”


Dalam sajiannya, Ephorus sampaikan kunci transformasi kepada seluruh Kepala Bidang, yang hadir onsite selama dua hari di Seminarium Sipoholon. Kuncinya adalah sinergitas atau Gerakan Bersama.

“Para pimpinan level tengah, dalam hal ini para Praeses yang di dampingi para kepala bidang harus hadir sebagai perancang dan pemimpin perubahan di distrik masing-masing, mengacu kepada renstra yang sudah ditetapkan oleh pusat,” tegasnya.

Akhiri sajiannya, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar menyampaikan apresiasi kepada ketiga Kepala Departeman, Pdt. Dr Deonal Sinaga (Koinonia), Pdt. Kardi Simanjuntak, S.Th, M.Min (Marturia), dan Pdt. Debora Sinaga, M.Th (Diakonia). Apresiasi itu diberikan atas bersepakatnya mereka melaksanakan pembinaan ini di hari dan di tempat yang bersamaan. (SKE_JFS)