Ephorus Resmikan Gedung Hemodialisa RS HKBP Balige dengan Daya Tampung 25 Pasien Cuci Darah

Ephorus Gereja HKBP Pdt. Dr. Robinson Butarbutar meresmikan gedung Hemodialisa Rumah Sakit  HKBP Balige, Sabtu (30/04/2022). Jika sebelumnya hanya mampu menampung 6 pasien, kini pasien yang memerlukan cuci darah, dapat menampung  25 mesin dan tempat tidur. "Puji Tuhan, kendati pelan, namun secara pasti,  pembenahan fasilitas kesehatan RS HKBP Balige terus dilakukan. Sangat kita apresiasi," jelas Ephorus selepas gunting pita peresmian gedung Hemodialisa tersebut.


Turut Hadir  Praeses HKBP  Distrik  11 Toba Hasundutan Pdt Same Siahaan dan Pdt. Dr.  Halomoan Marpaung yang membawakan kotbah, Direktris Sekolah Bibelvrouw Pdt. Dr. Benny  br Sinaga, Direktris Sekolah Tinggi Diakones Dr. Eleven br Sihotang, Direktris Sekolah Akper HKBP Jane Sirait, SKep, MKes, dan lainnya. Ephorus mengaku, Pengurus Yayasan Kesehatan saat ini tengah kerja keras merampungkan Pembangunan Pusat Modern Diagnostik. Sedangkan pembangunan rusunawa  saat ini juga tengah digenjot dan menunggu penyelesaian akhir.

"Terimakasih kepada semua pihak,  Yayasan Kesehatan  dan juga para pegawai secara khusus pada hari ini melalui kerjasama dengan PT Sinar Roda Utama yang dipimpin Bapak Tigor Sinaga juga  bantuan berbagai  mitra termasuk Bank Mandiri, BRI dan lainnya,” katanya.

"Para pelayan medisnya juga telah qualified setelah mendapat pelatihan. Ini membanggakan," imbuh Ephorus.



Dilontarkan Ephorus, terdapat sejumlah peningkatan dalam tubuh Rumah Sakit HKBP. "Kabar baik lagi, perubahan perilaku para petugas juga sudah meningkat, sehingga profit Rumah Sakit  ini semakin meningkat," katanya .



Ephorus dalam bimbingannya menghimbau agar para dokter spesialis yang merupakan warga HKBP dapat berkontribusi membangun kembali Rumah Sakit kebanggaan orang Batak ini. "Kami sebagai Ephorus juga mengundang warga HKBP yang memiliki keahlian spesialisasi untuk mau berbakti di RS HKBP Balige, sehingga RS HKBP Balige dapat segera menjadi RS Rujukan di Tapanuli Raya. Terimakasih utk semua yang sudah mendukung pembenahan-pembenahan di rumah sakit ini.  Tuhan memberkati. Saudara-saudara," tutup Ephorus yang didampingi Kepala Departemen Koinonia Pdt Dr. Deonal Sinaga yang juga memberi sambutan.



Direktur Rumah Sakit HKBP dr. Benni Sinaga, SpB mengungkapkan, pihaknya sedang serius  melakukan  sejumlah pembenahan menuju Rumah Sakit HKBP menjadi pusat rujukan di Tapanuli Raya. “Sasaran capaian adalah naik kelas ke kelas B pada tahun 2024," ujar Benni. Diutarakan Benni,  Alat-alat dan ruang operasi saat ini sudah ditingkatkan.

"Pembenahan Ruang UGD utk pelayanan emergency dengan penambahan ruang operasi juga menjadi sasaran," sebutnya. Dr. Benni juga menambahkan sedang  membangun Pelayanan ICU yaitu NICU, PICU dan  ICCU. Sekretaris Yayasan Kesehatan HKBP dr. Togar Siallagan didampingi Dr. Sanco Simanullang mengapresiasi sejumlah capaian kemajuan manajemen Rumah Sakit HKBP Balige. "Kami bangga atas kebersamaan yang telah dibangun seluruh pegawai. Atas nama Yayasan kami mengapresiasi kemajuan, kinerja dan semangat kerja keras semua karyawan," katanya.


Acara yang dibawakan Edwin Hutagaol dan dr. Sebastian Panjaitan  ditutup dengan ramah tamah dan makan bersama. (Sanco. M/ P. Sam – B’TIK