Minggu Palmarum di HKBP Lobutolong I, Resort Sipahutar Selatan, Distrik II Silindung

Minggu 24 Maret 2024, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga melayankan khotbah Minggu Palmarum di HKBP Lobutolong I, Resort Sipahutar Selatan, Distrik II Silindung. Ibadah Minggu disana dimulai pada pukul 10.30 WIB. Bertugas sebagai Liturgis, St. Edison Napitupulu dan sebagai pemusik Gr. Raden Habeahan, S.Pd.K., yang juga adalah pimpinan jemaat di HKBP Lobutolong I. 


HKBP Lobutolong I, awalnya berada di desa Sangkar ni Huta Desa Siabal-abal VI (2km dari posisi bangunan gereja saat ini), jemaat yang beribadah di gereja tersebut harus melewati bukit dan persawahan yang cukup curam. Hal tersebut menjadi alasan untuk warga jemaat bermusyawarah untuk memindahkan gedung gereja tersebut agar lebih dekat dan mudah untuk diakses. Gereja HKBP Lobutolong I kemudian dipindahkan ke Lumban Tongatonga, seperti namanya, posisi gereja tersebut berada di tengah-tengah perkampungan dan jarak akses jemaat. Tidak diketahui secara pasti Tahun berdiri dan perpindahan gereja tersebut, namun melihat dari Buku Bolon, baptisan pertama dilaksanakan 22 Mei 1893. Jika berdasarkan Baptisan pertama tersebut artinya usia gereja saat ini telah mencapai 130 Tahun.


HKBP Lobutolong I adalah salah satu jemaat filial dari empat jemaat filial lainnya, di Resort Sipahutar Selatan. Jumlah Jemaat HKBP Resort Sipahutar Selatan berjumlah 406 KK, sedangkan jumlah jemaat HKBP Lobutolong I berjumlah 76 KK atau sekitar 401 jiwa. Jemaat tersebut dibagi ke dalam empat lingkungan, yaitu lingkungan I, terdiri dari Lumban Talpe, Sosor Siambolas, Banjarnahor, Naga Timbul, dan Aek Hole. Lingkungan II terdiri dari Lumban Pinasa dan Sampe Tua. Lingkungan III terdiri dari Lumban Tonga-tonga.Tiga Lingkungan tersebut dilayani oleh sembilan orang Sintua (dua diantaranya ialah perempuan). Jemaat ini memiliki sekolah minggu sebanyak 71 orang, dilayani oleh tujuh orang guru sekolah minggu, dua diantaranya adalah Sintua yaiu: St. Poltak Tampubolon dan St. Edison Napitupulu dan satu orang dari jemaat ina yaitu: Inang Chelsy br Simatupang, serta empat orang lainnya dari naposobulung yaitu: Andri Simatupang, Arnold Simanjuntak, Sofia Simangunsong dan Devi Tampubolon.




Ibadah Minggu berjalan dengan hikmat dan kusuk, musik gereja yang dilengapi dengan Taganing dan Saxophone menambah kekhusyukan peribadahan. Di tengah peribadahan, ada empat Koor yang mengumandangkan nyanyian pujian. Kedelapan Koor tersebut ialah Koor Ama Gabungan (Ama Exaudi dan Ama Maranatha), Ina Sion, Ina Kamis, Remaja Naposo. (DK-PSM)