Panti Karya Hephata HKBP Tanam 100 Pohon Buah dan Panen Ikan dengan Sistem Bioflog


Kamis, 6/5/2021 Pimpinan HKBP, Ephorus, Pdt. DR. Robinson Butarbutar, Sekretaris Jenderal, Pdt. DR. Victor Tinambunan, Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, MTh lakukan penanaman pohon dan panen ikan di Panti Karya Hephata. 


Pelaksanaan kegiatan merupakan bagian persiapan Panti Karya Hephata Menyongsong 100 tahun di tahun 2023. Dan Panti Karya Hephata menuju kemandirian bukan untuk dikasihani tetapi dapat menjadi berkat. Di kegiatan besar tersebut diperkirakan hadir 100 orang. Turut hadir Kepala Biro Diakoni Sosial, Pdt. Osten Matondang, S.Th dan Kepala Biro Pengmas, Pdt. Jhonny Sihite, MM bersama Staff di jajaran Departemen (Panti Asuhan Elim, Permata Diakonia, Bagian Produksi dan Pemasaran Departemen Diakonia, Radio Suara Diakoni Sosial, HKBP AIDS Ministry), Praeses Distrik IV Toba, Pdt. Julson Pasaribu, M.Th l, Direktur RS HKBP Balige, dr. Binsar H. Naibaho, M.Kes, Sp.KKLP. Utusan Akper RS HKBP Balige.  Direktur Sekolah Tinggi Diakones, Diak. Dr. Eleven Sihotang, Direktur Sekolah Tinggi Bibelvrouw, Pdt. Dr. Benny Sinaga. Pengelolah Taman Eden dan pemerhati PK Hephata Op. Marudut Simanjuntak yang dengan sukacitanya melalui keluarga atas nama Ruth Simanjuntak  memberikan Rp 50.000.000,- untuk dana pensiun HKBP. Dari Pemerintah hadir asisten Bupati, Camat,  Kepala Desa Sintong Marnipi, Dinas pertanian dan Perikanan. 


Kegiatan dimulai dengan ibadah singkat yang dibawakan oleh  Pdt. Daniel Sianturi, S.Th dan renungan disampaikan oleh Sekretaris Jenderal HKBP yang tertulis dari  Yohannes 3:17. Pesan renungan disampaikan pengkotbah bahwa Tuhan Allah memberikan keselamatan secara holistik dan bagian keselamatan yang diberikan itu secara menyatu. Lewat panen ikan di Panti Karya Hephata patut disyukuri dapat memberikan peningkatan gizi. Menjadi pergumulan keadaan Indonesia atas prestasi menjadi juara satu Indonesia dalam pembunuhan hutan  lewat penebangan kayu. Juara dua bidang sampah plastik di dunia dan juara tiga penghasil emisi kepada atmosfer dari asap kendaraan. Tuhan menyelamatkan secara menyusul. Maka kita jadi alat untuk menyelamatkan lingkungan seperti penanaman pohon yang dilakukan di Training Center PK Hephata. 


Kata sambutan disampaikan oleh Asisten Bupati Toba mengapresiasi kehadiran PK Hephata karena merasakan ada kemajuan bagi masyarakat lewat pendidikan di training center. Pada saat ini dengan panen ikan yang dilakukan semakin menambah semangat untuk membantu masyarakat. Harapan lewat kerjasama dengan pemerintah dapat semakin mendukung program BODT untuk mempercepatan Kesejahteraan. Lewat kerjasama dengan PT Inalum, akan dilaksanakan penanaman pohon sebanyak 250.000 pohon yang ditanam di tanah masyarkat bukan hutan. Kata sambutan dari Ephorus HKBP mengungkapkan ada muzizat yang terjadi di Panti Karya Hephata. 

Setelah Ibadah selesai dilanjut penanaman pohon di lahan Training Center Panti Karya Hepahata seluas kurang lebih 500 m untuk penanaman buah-buahan 100 batang sebagai simbol untuk menyongsong 100 tahun PK Hephat. Lokasi penanaman sekitar 500 m dari Panti Karya Hephata. Jenis yang ditanam sesuai dengan keadaan lokasi tempatnya seperti bibit buah Alpukat, Durian, Sirsak, Jambu Merah, Jeruk, dll. Bibit pohon yang dibibitkan di masa pandemik 2020 oleh Departemen Diakonia HKBP, C. Diak. Winda Simbolon, S.Ag bersama timnya sejumlah 1.000 bibit buah. 


Kegiatan dilanjutkan kembali dengan panen ikan nila di sistem Bioflog bantuan dari Kementerian Kemaritiman dan Kelautan Indonesia yang diberikan pada tahun 2020. Atas suka cita panen ikan dan penanam pohon, Panti Karya Hephata mengundang seluruh undangan makan siang bersama di PK Hephata. (SKD-DAT)


Pustaka Digital