"Jahowa, Tuhan i do hagogoonku, jala dibahen Ibana do pathu tudoshon ursa tini, jala toguonNa do ahu dumege angka dolokdolokhu.

ALLAH Tuhanku itu kekuatanku: Ia membuat kakiku seperti kaki rusa, Ia membiarkan aku berjejak di bukit-bukitku."

Habakuk 3 : 19

Penandatanganan Nota Kesepahaman & Perjanjian Kerja Sama Antara Universitas HKBP Nommensen Medan dengan HKBP AIDS Ministry-Departemen Diakonia HKBP

Berlokasi di Pearaja Tarutung, Kamis, 30 Juni 2022, HKBP AIDS Ministry (HAM) menandatangani Perjanjian Kerja Sama (MoA) dan nota kesepahaman (MoU) dengan Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan. Pencegahan dan pengendalian HIV AIDS memang sangat membutuhkan keterlibatan banyak pihak. Secara khusus dalam membangun kesadaran di masyarakat untuk mencegah HIV AIDS dan meningkatkan dukungan psikologis terhadap ODHIV dan keluarga, dan kerjasama ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam upaya pencegahan HIV AIDS di wilayah Sumatera Utara.

Nota kesepahaman (MoU) antara HAM yang berada di bawah naungan Departemen Diakonia HKBP dan UHN Medan, ditandatangani oleh Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th dan Dr. Haposan Siallagan, S.H., M.H, selaku Rektor UHN Medan. Penandatanganan MoU ini berlangsung di tempat masing-masing, oleh karena keterbatasan waktu.



Selain itu, Pdt. Debora Purada Sinaga menyaksikan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (MoA) ini, dilakukan oleh Diakones Berlina Sibagariang, Sekretaris Eksekutif HKBP AIDS Ministry dan Dr. Nenny Ika Putri Simarmata, M.Psi, selaku Dekan Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen Medan.

Adapun kesepakatan dalam MoU yang ditandatangani oleh kedua lembaga, ialah sebagai berikut:

1. Bidang pendidikan dan pengajaran

2. Bidang penelitian dan pengembangan

3. Bidang pengabdian kepada masyarakat

4. Pemanfaatan bersama potensi dan sumber daya manusia dalam berbagai kegiatan

5. Pelaksanaan magang mahasiswa dalam rangka mendukung Program Merdeka Belajar: Kampus Merdeka

Sedangkan, dalam MoA yang sudah ditandatangani oleh sekretaris eksekutif HAM dan Dekan Fakultas Psikologi UHN Medan adalah sebagai berikut:

• Pelaksanaan magang mahasiswa dalam rangka mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

• Pelayanan jasa psikologi: tes potensi dan minat, serta konseling bagi ODHA di bawah pelayanan HKBP AIDS Ministry.

• Melakukan sosialisasi dan pengembangan keilmuan kesehatan mental melalui program riset, workshop atau pelatihan.

• Menyelenggarakan kegiatan pelatihan pendidik sebaya dalam upaya peningkatan layanan kesehatan mental di masyarakat guna mewujudkan ODHA bermartabat dan sejahtera secara psikologis.

• Pemberdayaan ODHA, pendamping/keluarga dan masyarakat guna meningkatkan harkat dan martabat hidup dan kesejahteraan ODHA di masyarakat.

• Pendampingan psikologis bagi ODHA di bawah pelayanan HKBP AIDS Ministry



HAM sangat antusias atas kerjasama yang telah disepakati ini, dengan harapan UHN dapat terlibat aktif dalam pencegahan HIV AIDS. Kedua lembaga berharap kerjasama ini, nantinya akan berdampak baik bagi masyarakat, secara khusus dalam hal pencegahan dan pengendalian HIV AIDS. Sebab dalam mencapai target Tiga Nol, yaitu nol infeksi HIV baru, nol kematian karena AIDS, dan nol stigma diskriminasi pada tahun 2030, membutuhkan kerjasama yang solid dari seluruh pihak di masyarakat. Serta, kiranya semakin banyak universtitas lain yang membuka diri untuk terlibat dalam pencegahan HIV AIDS.

HKBP menjadi berkat bagi dunia


Pustaka Digital