Peresmian Pos Pelayanan HKBP Bojonegoro, Pertama di Bojonegoro Jawa Timur

Minggu, 26 November 2023, Ibadah Minggu sekaligus Peresmian Pos Pelayanan HKBP Bojonegoro, Resort Semarang, Distrik XVIII Jabartengdiy dilaksanakan bertepatan dengan Minggu Akhir Tahun Gerejawi. Ibadah dimulai pada pukul 10.00 WIB yang dipimpin oleh St. Ir. Y. Hulman Siahaan (Ale-ale Zending Distrik XVIII) sebagai liturgis. Khotbah dilayankan oleh Praeses HKBP Distrik XVIII Jabartengdiy, Pdt. Pahala Sitorus, S.Th. sedangkan St. H. Sianturi, St. A. Sinaga, St. P. Purba, dan St. J. J. Limbong (Majelis Pospel HKBP Bojonegoro) melayani sebagai pengumpul persembahan. Kebaktian ini juga dihadiri oleh Cal. Pdt. Samuel A. Napitupulu, S.Si. (Teol.), Pimpinan Jemaat Pospel HKBP Kudus, Will N. Simanjuntak, S.Si. (Teol.), Pimpinan Jemaat Pospel HKBP Bojonegoro, serta Gian Doras Tampubolon, S.Si. (Teol.), Pimpinan Jemaat Pospel HKBP Cepu.


Beberapa persembahan pujian dikumandangkan Koor Anak Sekolah Minggu Pospel HKBP Bojonegoro, Koor Remaja & Naposobulung Pospel HKBP Kudus, Koor Gabungan Pospel HKBP Cepu, serta Koor Gabungan Pospel HKBP Bojonegoro. Setelah pengumpulan persembahan, Pos Pelayanan HKBP Bojonegoro resmi diojakhon oleh Praeses HKBP Distrik XVIII Jabartengdiy, Pdt. Pahala Sitorus, S.Th., dan dilanjutkan dengan Sakramen Baptisan Kudus kepada tiga orang anak, Olivia Chantika Purba, Calista Eldhora Purba, dan Arnold Pangomoan Purba.

Pospel HKBP Bojonegoro ini bermula dari inisiatif dari tim Aleale Sending HKBP Distrik XVIII Jabartengdiy (Pdt. Elimiano Siagian, S.Th., St. Ir. Y. Hulman Siahaan, St. J. Limbong, dan Gian Doras Tampubolon, S.Si.) untuk mengunjungi dan berkomunikasi dengan keluarga-keluarga Batak yang merantau di daerah Bojonegoro. Komunikasi itu disambut baik oleh orang-orang Batak tersebut. Kemudian diadakanlah kebaktian di rumah keluarga B. Sianturi / br. Manik yang berada di Desa Krajan, Kalitidu pada 25 Oktober 2022. Kebaktian ini sifatnya seperti partangiangan lingkungan/wijk. Dari pertemuan setelah ibadah tersebutlah diketahui bahwa ada banyak Keluarga Batak yang tinggal di wilayah Bojonegoro yang rindu mengikuti ibadah dalam bahasa Batak. Tim Aleale Sending tersebut pun menyambut kerinduan ini dengan memberikan laporan serta permohonan kepada Praeses HKBP Distrik XVIII Jabartengdiy, Pdt. Pahala Sitorus, S.Th. agar pospel HKBP dapat didirikan di Bojonegoro. Atas persetujuan praeses, pada tanggal 15 November 2022, dilaksanakanlah kembali ibadah partangiangan di rumah Keluarga B. Sianturi / br. Manik dan setelah ibadah diadakan rapat untuk membahas berdirinya Pospel di Bojonegoro dan dipilihlah Bapak P. Simanjorang sebagai ketua panitia dan Bapak B. Simarmata sebagai sekretaris. Dalam rapat itu disepakati juga bahwa ibadah sekali dalam dua Minggu akan dilaksanakan di Bojonegoro bergantian dengan di Cepu.

Kemudian pada tanggal 4 Juli 2023, ibadah keluarga kembali dilaksanakan di rumah Keluarga Op. Daniel Sinaga. Pada saat itu diwartakanlah bahwa 11 Kepala Keluarga berkenan untuk menjadi jemaat pertama Pospel Bojonegoro ketika diresmikan. Selain itu tiga orang anak akan menerima sakramen Baptisan Kudus pada ibadah peresmian itu kelak. Seiring dengan berjalannya waktu, Tim Aleale Sending HKBP Distrik XVIII Jabartengdiy bersama dengan panitia terus berupaya mencari tempat untuk dapat dipakai melaksanakan ibadah minggu sekaligus menjadi sekretariat gereja. Awalnya ditemukan sebuah rumah di daerah Plesungan dan sudah mendapat izin dari pemiliknya, namun setelah disampaikan kepada Kepala Desa setempat, ada penolakan yang diterima dari warga sekitar. Setelah penolakan terjadi, panitia kembali berupaya untuk mencari tempat di daerah yang lain dan akhirnya bulan Agustus ditemukanlah sebuah rumah di sekitar Bojonegoro Kota. Setelah ditindaklanjuti terkait kesepakatan dan lingkungan sekitar maka penandatanganan MoU serta pembayaran pun dilakukan di lokasi sekretariat yang disaksikan beberapa warga yang bertindak sebagai saksi dan juga Ketua RT setempat.

Pada 29 Agustus 2023, Tim Aleale Zending HKBP Distrik XVIII Jabartengdiy menyampaikan pesan dari Praeses HKBP Distrik XVIII Jabartengdiy, bahwa pangojanghonon Pospel HKBP Bojonegoro akan dilaksanakan di Hari Minggu, 26 November 2023 dan disepakati akan dilaksanakan di wilayah Ngerowo, Bojonegoro dan seluruh biaya kontrak tempat akan ditanggung oleh HKBP Distrik XVIII Jabartengdiy. Kemudian pada hari Minggu, 17 September 2023, dilaksanakanlah ibadah Minggu untuk pertama kalinya yang dilayankan oleh Pendeta HKBP Resort Semarang yaitu Pdt. Patuan Simatupang, M.Th., dan sejak saat itulah kebaktian Minggu rutin dilaksanakan sebanyak 9 kali sebelum hari pangojanghonon tanggal 26 November 2023.


Setelah acara ibadah Minggu selesai, acara dilanjutkan dengan ramah tamah yang dimoderasi oleh Gian Doras Tampubolon, S.Si. (Teol.). Kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama dan kata-kata sambutan dari setiap perwakilan gereja dan tamu undangan yang hadir. Tamu undangan yang hadir antara lain Parsahutaon Dos Roha Bojonegoro, Parsahutaon Satahi Saoloan – Siraja Batak, Punguan Parna – Silahi Sabungan, Toga Sinaga, dan Punguan Silau Raja – Borbor Marsada Naimarata. Acara hiburan diisi oleh penampilan Tarian Tor-tor dari Anak Sekolah Minggu Pospel HKBP Bojonegoro, Tarian Tor-tor dari Punguan Ina Pospel HKBP Bojonegoro, dan Persembahan lagu-lagu pujian oleh Praeses HKBP Distrik XVIII Jabartengdiy bersama dengan para pelayan yang ada di Resort Semarang. Lalu, acara dilanjutkan dengan pemberian ulos kepada Praeses, Ale-ale Zending Distrik, Pimpinan Jemaat Pospel HKBP Cepu, Pimpinan Jemaat Pospel HKBP Kudus dan ditutup dengan doa oleh Pdt. Pahala Sitorus, S.Th. (SN-JDS)

Pustaka Digital