Pesta Puncak Tahun Kesehatian HKBP Distrik XXIII Binjai Langkat

BINJAI, hkbp.or.id - Setelah menyelesaikan berbagai kegiatan baik di tingkat Resort dan Distrik, HKBP Distrik Binjai Langkat merayakan Pesta Puncak Tahun Kesehatian pada Minggu XVII Setelah Trinitatis di HKBP Binjai Resort Binjai (9/10/2022).

Sebelum masuk ibadah, seluruh pelayan dan panitia melakukan koordinasi di Rumah Dinas Praeses HKBP Distrik Binjai, Pdt. Hercules Sihotang.


Ibadah dilayani oleh Pdt. Hendra Victor Lumbantobing dan Pdt. Pukka Samosir sebagai Liturgis dan Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan sebagai Pengkhotbah.

Khotbah yang disampaikan oleh Pdt. Tinambunan berdasar kepada Injil Lukas 17: 11-19 yang berkisah tentang sepuluh orang Kusta yang disembuhkan Tuhan Yesus.

"Yesus yang menyembuhkan orang kusta juga menyembuhkan kita. Itulah kenyataan yang saat ini kita alami ketika kita bisa memasuki Minggu yang baru saat ini," terang Pdt. Tinambunan membuka khotbahnya.


Pada masa itu, kusta dianggap sebagai penyakit yang diakibatkan oleh dosa yang dilakukan oleh penderita kusta tersebut. Oleh karena itu, para penderita kusta dikucilkan dan tidak memiliki tempat untuk bergaul dengan masyarakat.

"Tembok yang menghalangi itu dihancurkan oleh Tuhan Yesus, yang kusta sembuh sehingga bisa bergaul dengan masyarakat. Bukan hanya tubuhnya yang sembuh, namun relasi juga sembuh. Itulah yang juga diberikan Tuhan Yesus kepada kita, bukan hanya kesembuhan fisik tetapi juga kesembuhan relasi umat dengan Allah," ungkap Pdt. Tinambunan

"Kesembuhan yang kita peroleh adalah karena kasih Tuhan itu sendiri kepada kita. Kasih Tuhan nyata kita lihat dari perjalanan hidup kita masing-masing. Syukurilah hidup kita saat ini sambil mengenang kasih Tuhan kepada HKBP yang sudah 161 tahun, nyata kasih Tuhan dalam hidup kita," terang Pdt. Tinambunan.


Kegiatan Tahun kesehatian di Distrik Binjai Langkat terlaksana dengan kepanitiaan yang dipimpin oleh Bapak Martin Hasibuan sebagai Ketua Umum Panitia dan St. Benly Butarbutar sebagai Ketua Pelaksana Tahun Kesehatian di HKBP Distrik Binjai Langkat.


Setelah ibadah, kegiatan pesta puncak dilanjutkan dengan acara pesta di Gedung Serbaguna HKBP Binjai Langkat dengan makan bersama seluruh warga jemaat sambil penyerahan hadiah bagi para pemenang pada kegiatan Tahun Kesehatian HKBP Distrik Binjai Langkat.

(SKS-NS)