Acara Ibadah Pesta Puncak Tahun Kesehatian HKBP Distrik IX - Sibolga Tapteng Nias

Pada Minggu, 30 Oktober 2022 dilangsungkan Pesta Puncak Tahun Kesehatian HKBP Distrik IX Sibolga Tapteng Nias di HKBP Sibolga Julu Resort Sibolga I. Ibadah dilayani oleh Pdt. Donda Simanjuntak, S. Th sebagai Liturgis, Pdt. Saut F Sinaga, S. Th sebagai Pendoa Syafaat, serta Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, M.ST sebagai Pengkhotbah. Ayat khotbah berdasar kepada teks Pilipi 2: 1 - 5. (30 Oktober 2022)




Dalam khotbahnya, Pdt. Tinambunan menjelaskan latarbelakang konteks jemaat di Filipi. Bahwa Pengikut Kristus di Filipi adalah kelompok minoritas, banyak dari kalangan ekonomi lemah, banyak menghadapi tantangan dan penindasan. Setidaknya ada dua hambatan terbesar menurut Paulus dalam tubuh jemaat Tuhan di Filipi tersebut. Pertama, cenderung mementingkan diri sendiri, mampu memanfaatkan orang lain demi kepentingan pribadi. Dan kedua, ialah mencari pujipujian yg sia-sia (ayat 4). Keadaan yang demikian tidak akan pernah menghasilkan kesatuan hati di dalam jemaat. Paulus mengajarkan agar hendaknya jemaat di Filipi satu hati, satu jiwa, satu tujuan. Dan dengan rendah hati, yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri (ayat 2 & 3).



Sekretaris Jenderal HKBP - Pdt. Tinambunan menerangkan bahwa dalam kesatuan hati, ada banyak dampak baik yang didapat bila kesatuan hati dihidupi. Pdt. Tinambunan menjelaskan bahwa ada 6 juta jemaat & pelayan di HKBP. Ini menjadikan HKBP sebagai organisasi terbesar ketiga di Indonesia. Adanya kesatuan hati dalam tubuh HKBP maka banyak hal besar yg dapat dicapai bersama-sama. Sebagai penutup khotbah, Bapak Sekjen HKBP mengajak agar setiap umat bersatu hati dan satu pikiran di dalam Tuhan. Dengan demikian maka sukacita akan bertambah-tambah pula dalam hidup. 



Pesta Puncak ini juga dihadiri oleh Panti Karya Hephata. Mereka membawakan satu lagu persembahan pujian. Seusai ibadah, Pdt. Tinambunan berfoto dengan para Pendeta Distrik IX dan para Sintua yang bertugas. Acara pun dilanjutkan dengan  Kata Sambutan; Acara Lelang dan Hiburan; Penyerahan Hadiah, dan Makan bersama. Hingga sampai berita ini dituliskan, acara masih Pesta Puncak Tahun Kesehatian HKBP Distrik IX Sibolga Tapteng Nias masih berlangsung. (SKS-JHB/NS) 

Pustaka Digital