Distrik Humbang Habinsaran Juara Satu dan Dua Marathon Putri Jetun Games HKBP 2023

Jetun Games HKBP 2023 cabang olahraga Marathon putri juara satu dan juara dua dipegang pelari putri dari Distrik XVI Humbang Habinsaran. Cilpia Manalu juara satu putri dengan nomor dada 0043 catatan waktu 38.24 menit dan Dertawan Hutasoit nomor punggung 0045 dengan catatan waktu 40.12 menit meraih posisi juara dua. Praeses HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran Pdt. Darna Lumbantobing, STh sangat bangga pelari marathon putri dari distrik yang dia pimpin berhasil menduduki juara pertama dan juara kedua cabang marathon Jetun Games HKBP 2023. Dengan semangat Praeses Darna Lumbantobing mengajak kedua pelari putri Cilpia Manalu dan Dertawan Hutasoit untuk foto bersama yang didokumentasikan seksi Pubdok dari Biro TIK Kantor Pusat HKBP.



Lomba Marathon 10 Km dengan jumlah peserta 382 resmi diberangkatkan Kadep Koinonia HKBP Pdt. Dr. Deonal Sinaga dari HKBP Bahalimbalo Paranginan,  Saptu (15/4/2023), dengan mengangkat bendera tanda dimulainya strat lari marathon. Lomba lari Marathon dari start awal sampai garis finis terus dikawal mobil voredeer dari kepolisian dan didokumentasikan seksi Pubdok dari Biro TIK HKBP serta disemangati seksi Humas dengan Komentator menggunakan soundsystim semakin membakar semangat peserta lari dan penonton yang menyaksikan lari di sepanjang lintasa yang dilalui. Pelari Marathon putra dari Distrik Humbang Habinsaran Berman Siahaan nomor punggung 0337 dari start awal sampai pertengan jarak lintasan masih terus di depan memimpin lari, tetapi pada menit keduapuluh lima pelari nomor punggung 0196 Firton Lumbantoruan berhasil mendahului Berman Siahaan hingga  jauh tertinggal di belakang  sampai garis finis Firton Lumbantoruan peserta yang pertama sampai garis finis meraih juara satu marathon putra.


Lomba lari Marathon Jetun Games HKBP 2023 diikuti berbagai kalangan anak-anak SD kelas IV dan lansia, dari gereja tetangga GKPI, GPT Betlehem Loloana Kab. Nias, GPDI Purba Sinomba, bahkan dari teman yang beragama Islam. Aisa peserta Marathon putri dari Islam ikut bersama temannya Yolanda dari HKBP mendapat perhatian menarik dari bagian Humas Pdt. Binbin Harianja yang mewawancarai kedua sahabat tersebut. Aisa mengatakan mengapresiasi kegiatan Marathon Jetun Games HKBP 2023, Aisa meski menjalani ibadah puasa tidak menjadi penghalang untuk mengikuti kegiatan yang positif lomba lari Marathon. Aisa dan Yolanda telah lama berteman karena memiliki kesamaan hobby olah raga dan sama-sama memiliki cita-cita menjadi abdi negara.



Adapun posisi juara Marathon Putra Jetun Games HKBP 2023 Juara satu Firton Lumbantoruan dari Distrik X Medan Aceh, juara dua Berman Siahaan dari Distrik Humbanghas, juara tiga Daniel Simanjuntak dari GPDI Purba Sinomba, Arwan Jebua dari GPT Betlehem Loloana Nias. Posisi juara marathon putri juara pertama Cilpia Manalu dari distrik Humbanghas, juara dua Dertawan Hutasoit dari Distrik Humbanghas, juara tiga Ina Lidya Damanik dari distrik Tebingtinggi dan juara empat Pesta Simanjuntak dari distrik Tebingtinggi.


Sebelumnya telah dilaksanakan lomba lari 100 meter, 200 meter, 400 meter putra dan putri, yang dilaksanakan di lapangan Jetun Silangit, diikuti lomba renang putra dan putri di kolam renang Jetun Silangit. Adapun pemenang lomba lari 100 meter putra juara 1 Humbang Habinsaran, Juara 2 Dairi, Juara 3 Humbang, Juara 4 Tebung tinggi deli. Lari 100 m Putri Juara 1 Humbang, Juara 2 Dairi, Juara 3 Deli Serdang, Juara 4 Humbang Habinsaran. Lari 200 m Putra Juara 1 Humbang Habinsaran, Juara 2 Silindung, Juara 3 Tanah alas, Juara 4 Humbang. Lari 200 m Putri Juara 1 Humbang, Juara 2 tanah alas, Juara 3 Humbang Habinsaran, Juara 4 Sumatera Timur. Lari 400 m Putra Juara 1 Humang Habinsaran, Juara 2 Medan Aceh, Juara 3 Sibolga Tapteng Nias, Juara 4 Humbang. Lari 400m Putri Juara 1 GKPI Paranginan, Juara 2 Sibolga Tapteng Nias, Juara 3 Humbang Habinsaran, Juara 4 Dairi. (P. Sam – B’TIK).

Pustaka Digital