Ephorus HKBP Hadiri Pertemuan Religion of Twenty (R20) di Bali

Negara Republik Indonesia mengadakan pertemuan Religion of Twenty (R20) yaitu pertemuan tokoh-tokoh dan pemimpin agama dari Indonesia dan dunia. Pertemuan yang diadakan di Bali tersebut dihadiri oleh Ephorus HKBP Pdt. Dr. Robinson Butarbutar. Ada beberapa tokoh-tokoh agama Indonesia yang menghadiri acara tersebut seperti Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, bapak Ir. Jusuf Kalla, Menteri BUMN Erick Thohir. Pertemuan ini di prakarsa oleh NU yang dipimpin oleh Ketum KH. Yahya Cholil Staguf dan didukung Pemerintah Indonesia. (Bali, 4 November 2022)



Pertemuan Religion of Twenty (R20) merupakan forum untuk menyampaikan suara perdamaian bagi dunia. Ephorus HKBP mengutip perkataan yang disampaikan oleh Ketum NU “Jika ada wawasan-wawasan agama yang antagonistik, kita harus membuat interpretasi baru yang membangun perdamaian dan kesejahteraan bersama. Jika kita berhasil melakukannya maka kita punya kekuatan moral yang Tangguh kepada dunia untuk memakai rujukan nilai-nilai keagamaan dalam dinamika dunia menuju kesejahteraan bersama dan semua bagi umat manusia yang berbeda-beda”.



Pembahasan dalam topik “Historical Grievances, Truth-telling, Reconciliation and Forgiveness” oleh Prof. Rivers dari Jamaica menekankan bahwa mengingat kejahatan seperti kolonialisme, Perbudakan Antisemitisme dan Racisme dilakukan dalam sejarah Kekristenan yang dilakukan orang-orang yang mengaku Kristen. Hal berikut harus dilakukan dari tradisi Kekristenan yaitu: Pengakuan dosa, pertobatan, pengampunan atau penyembuhan. 




Dalam laman sosial media, Ephorus HKBP memberitahukan beberapa topik pembahasan yang menjadi bahan diskusi dan perenungan semua tokoh agama. Dalam pertemuan R20 Ephorus HKBP bertemu dan berfoto bersama dengan tokoh pemuka agama ternama dari dalam dan luar negeri seperti HE Archbishop Angeloes dari Gereja Orthodox Coptic Mesir, Rev. Yoshiobu Miyake Ketua Majelis Internasional Shinto Studies Japan dan beberapa tokoh terkenal lainnya. (Sumber FB Ephorus HKBP)