Kepala Bidang Koinonia, Marturia, dan Diakonia Seluruh Distrik Antusias Ikuti Pemberdayaan


Sipolohon - Selasa (31/1/23), Pemberdayaan Kepala Bidang (Kabid) kepada seluruh Kabid Distrik di HKBP dilaksanakan di Auditorium Seminarium Sipolohon. Diawali dalam ibadah yang dipimpin oleh Pdt. Sarma Siregar, S.Th pada pukul 19.00 WIB, Pemberdayaan Kabid resmi dibuka oleh Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST.




Seusai ibadah, kata sambutan disampaikan oleh Sekjend dan pimpinan HKBP lainnya, yakni Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, Kepala Departemen Marturia, Pdt. Daniel TA Harahap, M.Th, dan Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th.



Dalam kesempatan itu, Sekjend HKBP menjelaskan bahwa orientasi pelayanan HKBP tahun 2023 Profesionalisme dalam Penatalayanan adalah sesuatu yang sangat dekat dan diperlukan dalam pelayanan. Pelayanan dalam payung profesionalisme adalah pelayanan yang dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dalam sinergitas. Menguatkan penjelasan Sekjend HKBP, Kadep Marturia dalam sambutannya menyampaikan untuk mempermudah memahami Profesionalisme dalam Penatalayanan dapat diartikan dengan hadengganon di bagasan hajuarabagason.



Pemberdayaan Kabid seluruh distrik HKBP ini merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan sesuai yang disampaikan Pdt. Deonal Sinaga dalam sambutannya,  "Melaluinya pemberdayaan ini diharapakan seluruh kabid dapat memahami dan melaksanakan tugasnya di distrik masing-masing." Guna menguatkan para peserta, Pdt. Debora juga turut menyampaikan sambutan dan pesan kepada para peserta pemberdayaan yang berjumlah 74 orang tersebut. 


Setelah sambutan diberikan, kegiatan dilanjutkan dengan orientasi kegiatan yang disampaikan oleh Ketua Panitia, Pdt. Dr. Enig Aritonang dan Pdt. Eden Siahaan, S.Th, M.M selaku Sekretaris Umum kegiatan ini. Kegiatan hari pertama diakhiri dengan ibadah malam yang dipimpin oleh Gr. Pahot Sarumpaet.



Hari kedua dimulai pukul 08.00 WIB dalam ibadah pagi. Sesi Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar membuka diskusi dengan semangat dan disambut baik oleh para peserta pemberdayaan. Dalam kesempatan itu Ephorus menyampaikan tentang pentingnya tahun profesionalisme di tengah-tengah pelayanan gerejawi. 




Sesi kemudian dilanjutkan  dengan pembagian kelompok dan dipimpin langsung oleh setiap kepala departemen baik Koinonia, Marturia dan Diakonia. Dalam pembagian kelompok ini, setiap kelompok membahas hal-hal yang dianggap penting seperti tantangan dan hambatan yang dimiliki setiap distrik dalam melakukan berbagai program. Topik utama dalam kelompok diskusi setiap bidang adalah program-program yang akan dilaksanakan di tahun 2023 serta evaluasi program tahun 2022 yang telah dilaksanakan. Hari kedua ditutup dengan ibadah dikelompok masing-masing.



Pemberdayaan Kabid seluruh distrik HKBP ini resmi ditutup pada hari ketiga oleh Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga mewakili Ephorus HKBP. (B.TIK)


Pustaka Digital