Minggu Advent III di HKBP Petojo, Resort Petojo, Distrik VIII DKI Jakarta

Minggu, 11 Desember 2022, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, melayankan khotbah di HKBP Petojo, Resort Petojo, Distrik VIII DKI Jakarta pada kebaktian pukul 07.30 bahasa Batak dan pukul 11.00 bahasa Indonesia.


Dalam khotbahnya Pdt. Deonal Sinaga menyerukan, "Firman Tuhan pada Minggu Advent Ketiga hari ini (Yes. 12: 1-6) adalah nubuatan tentang datangnya keselamatan dari Tuhan. Dengan nubuatan ini, semangat umat Tuhan akan pulih kembali, pengharapan mereka akan bangkit dan mereka akan melangkah dengan yakin di jalan Tuhan. Hari ini kita diingatkan supaya kita selalu berharap akan keselamatan yang datang dari Tuhan. Sumber kesembuhan dan keselamatan kita bukanlah manusia atau kuasa yang di dunia ini. Jangan pernah menggantungkan harapan pada manusia atau kuasa yang ada. Seperti nabi Yesaya peringatkan, ‘Percayalah kepada Tuhan dan gantungkanlah harapanmu kepada-Nya saja!”


HKBP Petojo saat ini dipimpin oleh pendeta resort, Pdt. Nikson Siburian, M.Th., dan didukung oleh Pdt. D.F.M. Pasaribu, M.Th., dan Pdt. Linda br Silaban, S.Th., sebagai pendeta fungsional, serta ditopang oleh 32 sintua (7 orang diantaranya adalah sintua perempuan) yang tersebar di 7 wijk. Statistik jemaat HKBP Petojo per tahun 2022 menunjukkan bahwa jumlah anggota jemaat HKBP Petojo sekitar 700-800 KK.



Gedung gereja HKBP Petojo mampu menampung sekitar 700-800 seat sudah termasuk balkon. Namun semenjak pandemi Covid-19 merebak, kebaktian Minggu yang tadinya tiga sesi sekarang dibagi menjadi empat sesi (pukul 07.30, pukul 11.00, pukul 14.00, dan pukul 17.00 WIB) dan kapasitas gedung gereja hanya diisi 400-500 seat saja. Pada hari Minggu, 11 Desember 2022 jumlah pengunjung kebaktian pagi 07.30 WIB didominasi kaum orang tua sekitar 400-an orang dan pada kebaktian pukul 11.00 WIB didominasi kaum muda sekitar 500-an orang.




HKBP Petojo ini memiliki luas lahan yang cukup luas untuk ukuran DKI Jakarta. Beberapa fasilitas umum yang tersedia, adalah ruang kantor pendeta, ruang dewan Koinonia-marturia-diakonia, ruang konsistori, ruang sekolah minggu yang berfungsi juga sebagai ruang serbaguna. Pada tahun 2021 yang lalu sebuah aplikasi yang bernama Tabo-mart HKBP Petojo dilaunching sebagai sarana digital yang mempertemukan konsumen dan produsen makanan. Untuk beberapa kegiatan yang berlangsung di HKBP Petojo maupun di gedung serbaguna HKBP Petojo, Tabo-mart HKBP Petojo mengambil peran sebagai penyalur konsumsinya. Aplikasi ini sudah berkembang selama setahun terakhir ini dan diharapkan masih akan terus berkembang dan melibatkan warga jemaat HKBP Petojo. (DK-NXC) 

Pustaka Digital